Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung

     Gravitasi tidak menggerakkan darah mengelilingi tubuh; tekanan yang menggerakkannya. Tekanan menggerakakkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi. Tekanan, yang diukur sebagai kekuatan darah menekan dinding arteri, ditentukan oleh beberapa faktor: kekuatan pompa jantung, resistensi terhadap aliran darah di arteri kecil, kelenturan arteri utama dan volume serta kekentalan darah. Angka yang digunakan untuk menentukan tekanan darah anda mengukur berapa baik arteri meregang dan kemudian berelaksasi untuk membiarkan darah mengalir dari jantung.

Tekanan Darah
    
 Satu dari empat orang dewasa menderita tekanan darah tinggi (hasil pengukuran tekanan darah 140/90 atau lebih), suatu kondisi dikenal sebagai hipertensi. Pria memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan wanita sampai usia 55 tahun; setelah itu resikonya sama antara pria dan wanita. Sekitar 90 persn kasus, penyebab tekanan darah tinggi tidak diketahui. Namun walaupun begitu ada beberapa petunjuk umum penyebab tekanan darah tinggi tersebut.


  
     Salah satu penyebab tekanan darah tinggi ini adalah arteri yang tersumbat dan mengeras, yang dapat disebabkan oleh makan terlalu banyak lemak dan kolesterol. Hal ini menyebabkan ruang yang lebih sempit untuk mengalirnya darah. Penyebab lainnya munculnya tekanan darah tinggi ini adalah konsumsi garam yang berlebihan. Garam yang berlebihan dapat menarik cairan ke dalam darah, sehingga meningkatkan volume darah dan juga tekanan darah di dalam ruang arteri yang terbatas. penyebab ketiga mungkin beberapa beberapa ekstra kilogram (berat badan) yang dibawa kemana mana, menyebabkan otot jantung harus bekerja lebih keras guna memenuhi kebutuhan beban akan area tubuh yang lebih luas sebagai konsekuensi meningkatnya berat badan.

     Ras juga mempunyai peranan dalam persoalan tekanan darah tinggi ini, terdapat insidensi tekanan darah yang lebih tinggi pada pria Afrika-Amerika dan pria dari latar belakang Hispanik dibandingkan dengan ras Kaukasia dan Asia. Dan gen adalah faktornya. Jika ayah dan kakek anda memiliki masalah jantung, maka anda akan lebih rentan juga.

     Lalu apa hubungannya antara tekanan darah ini berkaitan dengan kesehatan jantung anda? Bayangkan dengan perumpamaan mesin pompa lagi, Jika mesin pompa harus memompakan cairan melalui saluran yang kecil atau tersumbat (arteri yang tersumbat), atau jika pompa ini memompakan lebih banyak cairan dari seharusnya (karena terlalu banyak garam), atau jika pompa kecil ini menggerakkan mesin yang besar (karena kegemukkan), maka pompa itu cepat atau lambat akan meledak (rusak). Keausan berlebih, kerja keras tambahan, dapat menyebabkan kerusakkan pada pompa (jantung) melalui banyak cara.

     Semakin banyak arteri yang tersumbat, maka semakin tinggi tekanan darah anda, dan semakin keras jantung harus bekerja untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan jantung menjadi lemah dan menyebabkan kerusakkan pada jantung. Sekali lagi, inilah mengapa kondisi arteri sangat penting bagi kondisi jantung, Pertahankan saluran tetap bersih.

     Pesan yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah: makan lebih sedikit lemak dan kolesterol, kemudian berhenti merokok dan rampingkan diet anda. Hanya itu yang utama yang dapat anda lakukan untuk membuat jantung dan tubuh lebih sehat. Ada beberapa tambahan lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung anda.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar