Efek Diabetes

     Kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari normal dalam waktu yang lama dapat berpengaruh buruk pada banyak bagian tubuh. Beberapa masalah mungkin memakan waktu bertahun-tahun sebelum muncul, tetapi memastikan bahwa glukosa darah anda tetap dalam batas normalnya sebisa mungkin dapat menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi. Hal ini adalah salah satu alasan utama mengapa mempertahankan kendali yang baik sangatlah penting.

Saraf dan Pembuluh Darah

     Banyak komplikasi jangka panjang berhubungan dengan kerusakan saraf dan atau pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar glukosa dalam darah yang naik dan tidak terkendali. Kerusakan saraf oleh profesi medis disebut neuropati. Hal ini dapat mempengaruhi saraf di bagian tubuh manapun, tetapi kemungkinan besar dapat menyebabkan masalah pada kaki anda.

Efek dari Diabetes Mellitus



     Beberapa orang memiliki kemungkinan lebih besar mengalami komplikasi karena keturunan, tetapi tidak ada yang dapat memastikannya. Ini artinya setiap penderita diabetes perlu berhati-hati terhadap risiko yang mungkin terjadi.

Penyakit Jantung

     Kenyataannya sebagian besar orang yang menderita "diabetes yang tidak tergantung insulin" menderita sakit jantung ketika berumur 50-an atau 60-an, berarti mereka punya risiko yang lebih besar terhadap masalah sirkulasi, terutama penyakit jantung koroner. Pada saat itu, banyak orang sudah mengalami berbagai tingkatan pengerasan pembuluh arteri, yang terjadi pada semua orang sampai ke tingkatan tertentu, karena kita bertambah tua dan mungkin mereka juga menambah tumpukan lemak di bagian dalam arterinya. Glukosa darah yang naik dapat memperparah kedua kondisi ini, mungkin karena glukosa darah mengubah keseimbangan pada lemak-lemak tertentu, seperti kolesterol dalam darah.

Masalah pada Mata

     Jika glukosa darah anda sudah tinggi sebelum diabetes didiagnosis, anda mungkin menyadari bahwa pengelihatan jarak jauh anda membaik setelah terapi yang menurunkan kadar glukosa darah anda. Hal ini disebabkan glukosa yang naik mengubah bentuk lensa dan menghalangi kemampuan untuk memusatkan (fokus) secara benar. Orang yang menderita diabetes selama bertahun-tahun mungkin mengalami kerusakan pembuluh darah di bagian belakang mata, terutama bila kondisinya tidak dikendalikan dengan baik.

     Pada penderita diabetes tipe-2, dinding kapiler kecil di belakang mata mengalami aneurisma (pembengkakan) yang dapat pecah, menyebabkan perdarahan ke retina. Kerusakan ini dapat dihentikan, tetapi tidak dapat dikembalikan dengan menggunakan terapi laser.

Impotensi

     Pria yang menderita diabetes tidak dikendalikan selama bertahun-tahun dapat menjadi impoten sebagai akibat kerusakan saraf dan pasokan darah ke penis.

Ginjal

     Salah satu alasan mengapa anda diminta contoh urin pada pemeriksaan kesehatan adalah supaya dapat diuji apakah ada protein yang dapat menunjukkan permulaan masalah ginjal. Keberadaan protein dapat disebabkan kerusakan pembuluh darah kecil atau terkena infeksi

Tungkai dan Kaki

     Diabetes berpotensi mempercepat pengerasan arteri yang dapat mengakibatkan memburuknya pasokan darah ke kaki dan jari-jari. Hal ini meningkatkan kepekaan anda terhadap masalah-masalah, seperti infeksi dan neuropati, dan mungkin membuat anda membuat anda lebih sensitif terhadap keadaan yang sangat panas atau sangat dingin.

Apa yang Harus Dilakukan?

  • Tetaplah menjalankan pemeriksaan kesehatan dan membuat janji dengan dokter anda atau klinik rumah sakit sehingga tanda-tanda awal komplikasi dapat ditemukan.
  • Pemeriksaan mata teratur yang melihat bagian belakang mata sangatlah penting. Masalah mata dapat diterapi secara efektif kalau didiagnosis sejak awal.
  • Kalau anda memakai kacamata, uji penglihatan yang teratur dapat memperlihatkan setiap perlemahan, tetapi jangan mengubah resep anda dalam tiga bulan setelah diagnosis.
  • Hindari suhu ekstrim pada kaki anda dan ambil tindakan yang cepat pada semua cedera kulit.


Apa yang Harus Diketahui 

  • Kadar glukosa darah yang tidak terkendali adalah penyebab utama komplikasi jangka panjang.
  • Kerusakan pada saraf dan pembuluh darah terjadi secara perlahan-lahan, tetapi pada akhirnya dapat menyebabkan masalah serius.
  • Beberapa obat bebas dapat mempengaruhi kadar glukosa darah, maka selalu tanyakan kepada apoteker.
  • Penderita diabetes lebih mudah terkena penyakit jantung dan masalah sirkulasi lainnya.
  • Pria yang menjadi impoten karena diabetes diizinkan menggunakan terapi viagra
  • Gen keturunan anda dapat ikut menentukan apakah anda akan mengalami komplikasi.
Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar