Menyutik Insulin Bagi Penderita Diabetes (bagian ke-1)

     Semua orang yang menderita diabetes tipe 1 harus diberi suntikan insulin setiap hari selama sisa hidup mereka. Sekitar 30% dari penderita diabetes tipe 2 juga diobati dengan cara ini. Tujuannya untuk menyamakan pasokan insulin sedekat mungkin dengan situasi dan kondisi diri anda. Dokter atau perawat diabetes akan mendiskusikan dengan anda bagaimana anda dapat melakukannya.


Bagaimana Cara Menyuntik Insulin


Menyuntik Sendiri

     Kebanyakan orang merasa bahwa menyuntik diri sendiri menakutkan untuk pertama kalinya, tetapi anda akan diberi dukungan yang anda butuhkan oleh tim medis anda. Begitu anda menguasai tekniknya, suntikan tidak terasa sakit walaupun kadang-kadang anda akan sedikit berdarah atau memar kecil kalau tidak sengaja menusuk pembuluh darah kecil.
     Cara baik yang dapat dicoba sebelum menyuntik adalah dengan mendinginkan kulit dengan potongan es. Hal ini dapat memudahkan penyuntikan.
     Anda sebaiknya menyuntikkan insulin ke lapisan lemak di bawah kulit anda, dan bukan langsung ke otot. Bagi kebanyakan orang, ini berarti bahwa tempat yang paling baik untuk disuntik adalah perut, dibagian luar paha atau di daerah pantat. Insulin yang disuntikkan ke bagian tubuh yang berlemak dari tungkai dapat diserap tubuh lebih cepat, terutama jika anda segera berolahraga.

menyuntikkan insulin ke lapisan lemak di bawah kulit

Mempersiapkan Suntikan Insulin


  1. Pasangkan jarum ke suntikan kalau perlu.
  2. Berdirikan secara terbalik botol insulin beberapa kali (kecuali insulin jangka pendek).
  3. Masukkan udara ke suntikan sampai ke tingkat unit yang akan disuntikkan.
  4. Pegang botol dengan bagian yang akan ditusuk di atas, tusukkan jarum dari bagian atas dan suntikkan udara ke botol tersebut.
  5. Tahan jarum di dalam botol dan balikkan botol serta tarik insulin ke suntikan.
  6. Hilangkan semua gelembung udara dengan membalikkan suntikan. Ketika gelembung naik ke atas, dorong pendorong suntikan untuk menghembuskan udara ke dalam botol.
Mempersiapkan Suntikan Insulin

Dimana Menyuntik Insulin

     Ada beberapa bagian tubuh sebagai tempat ada dapat menyuntik dan anda dapat membuat variasi sendiri. Apabila anda menggunakan tempat yang sama berkali-kali, hal tersebut dapat menimbulkan tonjolan lemak yang dapat menghalangi penyerapan insulin.

Lakukan Dengan Benar


  • Kalau anda mengalami kesulitan menyuntik atau merasa ngeri melakukan itu, mintalah saran dari tim perawatan diabetes anda.
  • Periksalah teknik injeksi anda dengan penasihat medis anda untuk memastikan bahwa jarum masuk ke lemak bukan ke otot.
  • Jangan selalu menyuntik insulin anda di tempat yang sama.

Perlu Anda ketahui


  • Membutuhkan waktu dan latihan untuk membiasakan menyuntik diri sendiri.
  • Anda akan dibantu oleh dokter anda atau perawat diabetes sampai anda merasa percaya diri.
  • Anda dan penasihat medis anda akan memutuskan jadwal yang paling cocok untuk anda.
  • Pilihan yang harus dibuat, meliputi jenis insulin (seberapa cepat bereaksi dan seberapa lama keefektifannya) jumlah suntikan per hari, dan alat penyuntik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar