Dua Jenis Diabetes

     Ada dua jenis diabetes mellitus yang berbeda. Pada orang muda, diabetes adalah akibat dari kegagalan pasokan insulin. Namun jenis yang paling umum terjadi di usia paruh baya atau lebih tua dan biasanya merupakan akibat perubahan kemampuan tubuh untuk bereaksi  terhadap insulin yang disebut dengan "resistensi/penolakan terhadap insulin". Pada orang-orang ini, produksi insulin juga dapat kurang efektif dibandingkan keadaan normal.

Diabetes tipe 1

     Diabetes tipe 1 ini terjadi apabila proses kendali glukosa dan insulin terganggu, dimana ketika sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin, yang dinamakan sel beta di pulau-pulau Langerhans-berhenti bekerja. Gagalnya pasokan insulin berarti penderita diabetes tipe 1 ini harus menggantikannya dengan insulin yang diinjeksikan dari luar, disebut juga dengan diabetes yang tergantung insulin.

Diabetes Tipe 1


     Walaupun tipe ini mungkin adalah bentuk yang paling banyak dikenal dari penyakit diabetes, kenyataannya bukanlah bentuk yang paling umum. Biasanya tipe ini muncul sebelum pendertia berusia 40 tahun dan sering kali muncul selama masa kanak-kanan atau remaja.

Diabetes tipe 2

     Diabetes tipe 2 dikenal juga sebagai "diabetes serangan lambat" atau diabetes yang tidak tergantung insulin" walaupun faktanya ada beberapa penderita diabetes tipe ini diobati dengan insulin.

     Tipe ini adalah bentuk yang lebih umum dari diabetes yang merupakan akibat kesalahan cara tubuh menangani insulin. Tipe ini dipercaya bahwa penderita menjadi resisten (penolakan) terhadap insulin, sehingga insulin menjadi kurang efektif dalam menjalankan tugasnya untuk menyerap glukosa dari aliran darah. Penderita ini juga menghasilkan insulin yang lebih sedikit, tetapi pasokannya tidak benar-benar gagal seperti pada tipe 1.

     Diabetes tipe 2 ini biasanya berkembang di kemudian hari dan terutama terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. Tidak seperti "diabetes yang tergantung insulin (diabetes tipe 1)", diabetes tipe 2 ini berkembang secara bertahap dan penderita mungkin tidak menyadari selama beberapa waktu, kecuali penderita sadar akan gejala-gejala yang mungkin terjadi.

Diabetes Tipe 2


     Awalnya mungkin penderita dapat mencoba mengubah pola diet (makan) saja, tetapi kalau ini tidak cukup, dokter mungkin akan menyarankan pengobatan dengan tablet. Apabila pengobatan yang diminum tidak berhasil, terapi insulin mungkin akan dipertimbangkan

Bagaimana Insulin Diproduksi?

     Pankreas adalah kelenjar yang panjang dan tipis, terletak di bagian belakang perut tepat di atas hati. Suatu daerah di sel-sel dalam pankreas yang disebut dengan pulau-pulau Langerhans bertanggung jawab untuk memproduksi insulin dan hormon lain yang memicu pelepasan suatu bentuk glukosa, yang disebut glukogen, ketika kadar glukosa darah turun terlalu rendah. 

Tips Dalam Menangani Diabetes:

  • Tangani kondisi penderita diabetes dengan serius dan tetaplah menjalankan segala pengobatan yang diresepkan dengan hati-hati. 
  • Tidak ada istilah diabetes ringan, jadi penting sekali bagi penderita untuk mengikuti saran-saran tim medis dengan hati-hati. 
  • Diabetes tidak ada obatnya, tetapi perubahan gaya hidup dan obat (kalau diperlukan) dapat menjaganya tetap terkendali.


Apa Yang Harus Kita Ketahui:

  • Kita dapat saja menderita diabetes tipe 2, akan tetapi tidak menyadarinya.
  • Hanya sebagian kecil penderita diabetes yang  memerlukan injeksi insulin untuk mengendalikan kadar glukosa darah mereka.
  • Orang yang kelebihan berat badan lebih mudah menderita diabetes di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar