Pemantauan Glukosa Darah Bagi Penderita Diabetes

     Tidak mungkin lagi melebih-lebihkan pentingnya pemantauan kadar glukosa darah anda sendiri dalam waktu yang teratur. Tidak ada cara lain untuk mengetahui pengobatan anda berhasil mengendalikan diabetes atau tidak dan pengobatan tersebut apakah perlu diubah atau tidak.
     Walaupun anda mengalami gejala ketika glukosa darah anda turun terlalu rendah dan juga demikian kalau glukosanya terlalu tinggi, anda tidak dapat mengetahui glukosa itu dapat dikendalikan atau tidak hanya berdasarkan perasaan anda. Kendali yang baik membuat komplikasi jangka panjang semakin jarang dan anda merasa lebih baik ketika glukosa darah anda berada dalam kisaran yang disarankan.
     Kalau anda mendatangi klinik rawat jalan rumah sakit untuk pemeriksaan teratur, anda akan menjalani tes darah tambahan, yang memeriksa kadar glukosa anda dalam jangka waktu yang lebih lama, tetapi ini bukanlah pengganti bagi pelaksanaan pemeriksaan teratur yang lebih sering anda lakukan sendiri.

Pemantauan Gula Darah Mandiri



Pemantauan Mandiri

    Ada dua cara memantau glukosa darah anda sendiri. Cara pertama dan palng akurat adalah menusuk jari anda untuk mendapatkan setetes darah. Cara kedua mengharuskan anda memeriksa urine anda untuk mengetahui glukosa yang telah tumpah dari aliran darah anda. Kalau anda dapat melakukannya (kebanyakan orang dapat melakukannya dengan sedikit latihan), menguji darah adalah pilihan yang lebih baik karena lebih akurat.
     Glukosa darah diukur dengan ukuran milimol per liter darah atau mmol/l. Pada orang yang tidak memiliki diabetes, kadarnya berkisar antara 4-8 mmol/l. Kalau anda menderita diabetes, kadar anda harus tetap berada dalam kisaran ini untuk kendali yang baik, tetapi juga dapat lebih rendah atau lebih tinggi apabila tidak dikendalikan. Bila hal ini terjadi secara terus menerus, tanyakan hal ini kepada tim perawatan diabetes anda.

Ketepatan Itu Penting

     Ketika pengendalian diabetes anda baik, dengan diet saja atau dengan diet dan tablet, pemeriksaan darah secara teratur tidak begitu penting. Namun, kalau anda rawan hipo yang dapat terjadi dengan beberapa macam tablet dan insulin, anda harus mempunyai informasi yang tepat utuk memberi tahu kapan dan jika glukosa darah anda turun terlalu rendah, juga kalau terlalu tinggi.
     Pemeriksaan urine dapat cukup tepat untuk beberapa orang, tetapi orang lain mungkin membutuhkan tes yang lain. Meskipun dapat memberi tahu anda apakah glukosa ada di situ, tes itu tidak dapat memberi tahu anda seberapa banyak, dan jika kadarnya terlalu rendah. Tim perawatan anda akan memberi saran kepada anda mengenai tes yang lebih cocok ketika glukosa tumpah ke urine. Tes ini bervariasi dari satu orang ke orang lain, tergantung paa nilai ambang ginjal anda.
     Rata-rata, tumpahan glukosa dari aliran darah ke urine terjadi ketika kadar glukosa mencapai 10 mmol/l.

Membuat Penyesuaian Dosis

     Kalau bertahan pada dosis insulin yang disarankan dokter anda dan memantau glukosa darah anda untuk menilai keefektifannya, anda akan mampu mengatur diabetes anda. Artinya, anda dapat melakukan penyesuaian kecil apabila diperlukan. Ingatlah jika anda melakukan perubahan, biasanya lebih baik melakukannya dalam perubahan kecil dan menunggu dua atau tiga hari untuk mengetahui efeknya sebelum mengubahnya lagi. 
     Anda mungkin memerlukuan dosis yang lebih rendah sebelum olahraga berat atau dosis lebih tinggi kalau anda mengalami infeksi, seperti demam atau flu.

Perhatikan Hal ini:


  • Pemantauan sendiri terhadap glukosa darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui pengobatan anda dapat menjaga kadar glukosa anda dalam kisaran normal atau tidak.
  • Jangan menebak-nebak atau menggunakan perasaan anda untuk menilai kadar glukosa darah anda.
  • Jangan pernah tergoda untuk menganggap ringan ketika melaporkan hasil pemeriksaan darah dan urine.

Anda harus tahu:


  • Anda dapat memantau glukosa darah, baik dengan memeriksa darah maupun dengan memeriksa keberadaan glukosa dalam urine.
  • Kebanyakan orang menganggap pengukuran glukosa dengan contoh darah cukup tepat.
  • Tim perawatan diabetes anda mungkin menggunakan istilah pemantauan glukosa darah sendiri.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar