Pertanyaan-Pertanyaan yang Sering Muncul Mengenai Latihan Beban by Ade Rai

Berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan umumnya sering ditanyakan mengenai latihan beban, dan berikut ini adalah jawaban singkat namun padat oleh seorang pakar binaraga Indonesia, Ade Rai.
Ade Rai telah meraih berbagai penghargaan dan menjuarai berbagai kompetisi binaraga baik itu di tingkat nasional maupun di tingkat dunia, diantaranya adalah:

  • Juara Nasional Binaraga IFBB (Juara terbaik)
  • Mr. Asia dan Mr. ASEAN
  • SEA Games
  • MuscleMania World Professional
  • Superbody World Professional

Ade Rai - Pose 01




Tanya: Berapa kali sih frekuensi latihan kita dalam seminggu?
Jawab: Tergantung tujuan dan level kondisi kita saat memulai latihan. Seorang pemula dapat melakukan kira-kira tiga kali dalam seminggu, seorang atlet binaraga dapat melakukan 10 kali atau lebih dalam seminggu.

Tanya: Berapa lama kita berlatih per sesi? dan berapakah jumlah set dan rep yang optimal?
Jawab: Lamanya waktu yang optimal sekitar 40-60 menit. Lebih dari waktu ini, tubuh akan banyak membakar protein otot untuk membantu suplai energi latihan. Jumlah set sekitar 15 untuk otot besar, 10-12 untuk otot kecil. Jumlah repetisi tergantung pada tujuan, untuk menambah massa otot sekitar 6-10 repetisi, untuk kekuatan sekitar 2-4 repetisi.

Tanya: Waktu istirahat antar set sebaiknya berapa lama sih?
Jawab: Tergantung intensitas, kisarannya 30 detik sampai 5 menit.

Tanya: Kapan waktu terbaik buat latihan?
Jawab: Tergantung pada tujuan, untuk pembakaran lemak pagi hari dalam keadaan perut kosong, sore hari bila ingin latihan dengan tanaga penuh karena sudah terisi cukup karbohidrat.

Tanya: Latihan apa saja yang paling cepat memberikan hasil perkembangan otot?
Jawab: Latihan dasar seperti squat, bench press, barbell row, deadlift, barbell press, barbell curl, triceps pressdown dan calf raise.

Tanya: Apa sih yang dimaksud dengan latihan negatif itu? terus kelebihannya apa?
Jawab: Latihan negatif adalah latihan yang fokus pada fase negatif atau setelah fase kontraksi otot. Fokus pada fase negatif dilakukan setelah tenaga kita habis untuk fase positif tapi masih bisa terus dipacu untuk menahan beban saja. kelebihannya dapat memacu pertumbuhan otot lebih cepat.

Tanya: Katanya program latihan sebaiknya diganti sebulan sekali, maksudnya apa ya?
Jawab: Untuk menghindari adaptasi, karena tubuh kita akan beradaptasi pada satu program latihan dengan cepat, sekitar 1 bulan.

Ade Rai - Ukuran Berat Badan Ade


Tanya: Kalau lagi nggak enak badan, apa harus latihan terus biar nggak merusak program atau berhenti latihan dulu?
Jawab: Sebaiknya tidak latihan dulu, tapi boleh stretching.

Tanya: Kalau lagi tidak sempat latihan, misalnya sedang dalam perjalanan atau ditempat pekerjaan yang tidak ada fasilitas latihannya, apa yang harus saya lakukan? apakah saya harus tetap berlatih atau tidak ya?
Jawab: Sebaiknya melakukan latihan ringan dan dasar, seperti push up, squat jump, pull up dan sit up.

Tanya: Katanya kalau nanti nggak latihan lagi badan saya akan jadi kendor dan gemuk?
Jawab: Semua orang yang tidak berlatih akan menjadi gemuk dan tidak sehat. Analoginya barangkali adalah sama dengan mandi. Apakan benar kita tidak perlu mandi karena nanti toh badan kita akan kotor dan bau lagi? :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar