Apa Yang Dimaksud Dengan Hiperglikemia?

     Kalau anda melakukan tes darah dan urine secara teratur seperti yang harus  dilakukan bila anda menderita diabetes, anda akan tahu kapan kadar glukosa dalam darah anda terlalu tinggi. Semua orang dapat mengalami pembacaan tinggi yang aneh sesekali, tetapi bila kadarnya secara terus-menerus tetap tinggi, anda harus melakukan sesuatu.
     Glukosa darah yang tinggi (hiperglikemia) artinya walaupun anda merasa cukup baik-baik saja, diabetes anda sebetulnya tidak terkendali dan tindakan tertentu harus diambil untuk memperbaiki situasi.
Gejala-Gejala Hiperglikemia



     Bagi beberapa orang yang kondisinya mungkin terkendali dengan baik untuk sebagian besar waktunya, ada beberapa situasi pembacaan glukosanya naik secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Reaksi biasa terhadap suatu penyakit, terutama infeksi seperti demam atau influenza, dan sakit perut yang membuat anda merasa mual atau mau muntah.
  • Beberapa wanita mengetahui bahwa glukosa darah mereka cenderung naik pada waktu-waktu tertentu dalam siklus menstruasi mereka atau ketika mereka mulai memakai pil kontrasepsi.
  • Beberapa orang mengetahui bahwa kadar glukosa mereka naik kalau cuaca sangat panas.
Kalau Anda Merasa Tidak Enak Badan
     Infeksi apapun dapat menyebabkan kenaikan glukosa darah karena merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh. Hal ini juga dapat terjadi kalau anda tidak makan dengan baik.
     Periksalah kadar glukosa darah anda sesering mungkin (kira-kira empat kali sehari) bahkan jika anda merasa tidak perlu. Kalau anda tidak merasa cukup sehat untuk melakukan sendiri tes itu, mintalah seseorang melakukannya untuk anda dan mencatatkan hasilnya.
     Kalau anda memakai insulin, mungkin anda harus menambah jumlah unit yang diinjeksi setiap kalinya untuk mengatasi kadar glukosa darah yang naik. Hasil tes anda akan memberitahu apakah hal ini dibutuhkan. Namun, kalau anda tidak cukup percaya diri untuk menyesuaikan dosis anda, mintalah saran dokter atau perawat diabetes.
     Meskipun anda mungkin merasa tidak berselera makan atau tidak enak badan, tetaplah memberi asupan karbohidrat dengan minuman susu manis atau minuman bersoda. Anda juga sebaiknya melanjutkan suntikan-suntikan dengan jumlah normal menkipun anda lupa makan.

Kalau Anda Muntah-Muntah
     Kalau anda menderita yang menyebabkan minum pun tetap muntah, langsung hubungi dokter. Lebih sulit menyesuaikan dosis tablet yang anda lakukan sendiri ketika anda sakit, dan kalau anda tidak dapat makan dan minum secara normal, anda harus mendapat saran dari dokter.

Terapi Rumah Sakit
     Kadang-kadang, orang dengan diabetes tipe 2 perlu masuk rumah sakit untuk diobati menggunakan insulin selama beberapa hari jika penyakit ini mengganggu rutinitas pengendalian normalnya.

Bantulah Anak-Anak Dengan Cepat
     Anak-anak sering kali lebih cepat jatuh sakit daripada orang dewasa, jadi jangan menunda-nunda meminta saran kepada dokter anda. Tes teratur sangatlah penting bagi anak-anak ketika mereka sakit.

Gejala-Gejala yang Bertahap
     Kadar glukosa darah anda biasanya harus naik di atas normal sebelum anda mengalami gejala-gejalanya. Proses ini bertahap sehingga jika anda melakukan tes darah dan urine secara teratur, anda akan dapat mengenali masalahnya dan mengambil tindakan sebelum anda merasakan efek yang tidak baik.

Bersiaplah

  • Bertanyalah kepada tim perawat diabetes anda apa yang harus anda lakukan pada saat sakit sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Jika pembacaan glukosa darah anda tetap tinggi, carilah saran medis.
  • Kalau diabetes anda diobati dengan insulin, jangan menghentikan suntikan anda, bahkan jika anda tidak makan dengan normal.
  • Pembacaan glukosa darah yang sesekali tinggi tidak perlu dikhawatirkan, tetapi harus dicatat agar dapat diketahui perkembangan selanjutnya.

Apa Yang Harus Diketahui Dari Hiperglikemia?


  • Infeksi pernapasan dan infeksi lain dapat meningkatkan kadar glukosa darah anda dan anda harus menyesuaikan pengobatan anda.
  • Orang yang menderita diabetes dapat mengalami flu tahunan karena adanya risiko infeksi yang mengganggu pengendalian glukosa darah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar