Penyebab Diabetes

     Lebih dari sembilan juta jiwa menderita diabetes di Indonesia dan 70 persen dari penderita tidak menyadarinya. Tidak ada yang tahu persis mengapa beberapa orang menderita diabetes, sedangkan yang lainnya tidak, tetapi kemungkinan besar ada beberapa faktor yang telibat.

     Penyebab diabetes tipe 1 diduga berbeda dengan diabetes tipe 2. Sesungguhnya beberapa peneliti juga percaya adanya sedikit perbedaan diantara orang yang menderita diabetes tipe 2, dalam hal kondisinya yang sedikit berbeda.


Periksa Kadar Gula Darah

Faktor-Faktor Keturunan

     Gen yang anda warisi dari kedua orang tua kemungkinan berperan dalam menentukan apakah anda akan terkena diabetes, tetapi penyakit ini bukanlah penyakit keturunan langsung, seperti halnya hemofilia atau fibrosis kistika. Hubungan genetikanya juga diperkirakan lebih kuat pada diabetes tipe 2.


     Perhatikan bahwa mempunyai saudara dekat yang terkena diabetes tidak berarti bahwa anda pasti terkena juga. Sesungguhnya, banyak orang dengan kondisi ini tidak tahu ada sanak saudaranya yang lain juga menderita hal yang serupa. Walaupun demikian, diabetes begitu umum di negara ini sehingga tidak akan mengejutkan bila salah satu dari anggota keluarga anda juga menderitanya. Mungkin apa yang anda warisi adalah suatu kepekaan terhadap kondisi itu, dan apakah anda betul-betul terkena diabetes akan tergantung pada faktor-faktor lain. Pada orang muda, pemicunya mungkin virus (yang dicurigai adalah penyebab gondongan), tetapi belum ada cukup bukti untuk dapat memastikannya.

Faktor-Faktor Non Bawaan

     Pada orang-orang yang lebih tua, berat badan dan diet dapat menjadi faktor yang penting karena orang yang menderita diabetes tipe 2 biasanya kelebihan berat badan.

     Ada faktor-faktor geografi, yaitu beberapa daerah mempunyai penderita diabetes yang lebih tinggi daipada yang lain. Hal ini mungkin sebagian disebabkan faktor-faktor diet dan faktor lingkungan.

     Beberapa penyakit dapat menyebabkan anda mempunyai kemungkinan lebih besar menderita diabetes, termasuk penyakit yang mengubah keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh. Penyebabnya, antara lain penyakit tiroid dan sindrom Cushing (kelebihan kortisol), peradangan di pankreas dan fibrosis kistika.

     Kondisi lain, diabetes insipidus, adalah gangguan kelenjar pituitari di otak yang langka, penyakit ini sama sekali tidak berhubungan dengan diabetes mellitus yang lebih umum. Minum alkohol secara berlebihan dapat merusak pankreas dan menyebabkan diabetes.

Fakta Mengenai Diabetes

  • Kalau anda kelebihan berat badan, mengurangi berat badan dapat mengurangi risiko menderita diabetes.
  • Walaupun banyak orang percaya bahwa stres dapat menyebabkan diabetes, namun tidak ada bukti medis untuk mendukung hal ini.
  • Suka makan makanan manis bukan berarti anda berisiko terkena diabetes.


Apa yang harus anda ketahui

  • Mempunyai saudara dekat yang terkena diabetes tidak berarti anda juga akan mengalaminya, tetapi hal ini dapat berarti menambah risiko, terutama pada penderita diabetes tipe 2.
  • Infeksi virus dapat menyebabkan terjadinya diabetes tipe 1 pada orang-orang yang mempunyai kecenderungan genetik untuk menderitanya.
  • Kerusakan panreas yang terjadi akibat minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan diabetes.


Gambaran Besarnya:

  • Kira-kira sembilan juta orang Indonesia menderita diabetes, sekitar enam juta orangnya penderita diabetes tipe 2, namun tidak menyadarinya.
  • Diabetes tipe 2 lebih umum daripada tipe 1, kurang lebih 80% dari total orang yang menderita diabetes.
  • Mengenai anak kembar, apabila saudara kembar identik anda mengidap diabetes tipe 2, kemungkinan besar anda juga akan mendapatkannya. Meskipun demikian, jika saudara anda menderita diabetes tipe 1, kemungkinannya hanya 50/50.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar