Olahraga Bagi Penderita Diabetes - Nikmati Berolahraga

     Tubuh kita dirancang untuk berolahraga secara teratur, tetapi kehidupan modern telah memungkinkan kita menghindari aktivitas fisik secara menyeluruh kalau kita menginginkannya. Memasukkan olahraga dalam rutinitas anda mempunyai keuntungan kesehatan yang tidak diragukan lagi, apalagi kalau anda mengidap diabetes.

Bagaimana olahraga dapat menolong anda


  • Aktivitas sedang yang membuat anda sedikit kehabisan napas akan memperbaiki jantung, paru-paru, dan peredaran darah anda.
  • Otot anda menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Jadi, olahraga membantu mengendalikan tingkat glukosa dalam aliran darah.
  • Olahraga menambah kecepatan metabolisme anda sehingga anda membakar kalori lebih cepat. Aktifitas ini menghentikan penambahan berat badan dan bahkan dapat menurunkan berat badan. Memelihara berat badan yang sesuai dengan tinggi badan anda akan memudahkan pengendalian glukosa darah anda, dan bahkan mungkin dapat mengurangi penggunaan obat-obatan.
Menikmati waktu berolahraga


Berpikirlah secara aktif

     Anda dapat meningkatkan kebugaran fisik dengan membuat perubahan kecil. Cobalah membiasakan diri dengan kebiasaan baru, seperti naik tangga daripada naik lift dan jalan kaki daripada membawa mobil ke toko yang jaraknya tidak terlalu jauh.
     Ketika anda akan mulai program olahraga khusus, mulailah dengan lambat kalau anda dalam kondisi kurang bugar dan cobalah untuk melakukan pa yang benar-benar anda nikmati. Sebagai contoh, dansa atau yoga mungkin lebih menarik bagi anda daripada jogging atau aerobik.
     Jalan cepat 20-30 menit atau berenang tiga kali seminggu adalah permulaan yang baik, tetapi sebagian besar olahraga dalam bentuk apapun mungkin anda jalankan asalkan anda berpikir jernih dan tidak memaksakan diri. Diskusikanlah dengan dokter anda.
     Anda pada akhirnya akan mampu melakukan lima kali 30 menit olahraga setiap minggunya.

Membuat Keseimbangan

     Adalah masuk akal untuk meminta saran dari tim perawatan diabetes anda sebelum melakukan olahraga apapun. Namun, kalau anda menggunakan tablet sulphonylurea atau insulin, anda juga harus tahu bagaimana menyesuaikan pengobatan anda untuk menghindari hipo selama atau setelah berolahraga.
     Pada prinsipnya, anda membutuhkan dosis yang lebih rendah daripada biasanya sebelum berolahraga, atau asupan karbohidrat yang tinggi, atau kedua-duanya, tergantung pada apa yang anda rencanakan. Contohnya, anda mungkin membutuhkan makanan ringan karbohidrat sebelum atau sesudah berolahraga.
     Periksalah glukosa darah anda sebelum dan sesudah olahraga dan diulang beberapa jam kemudian, dan anda akan segera mengetahui penyesuaian apa yang dibutuhkan pada pengobatan dan asupan makanan anda.

Persiapan untuk diri sendiri


  • Selalu sediakan karbohidrat berdaya kerja cepat selama anda berolahraga kalau anda mempunyai risiko hipo.
  • Lakukan persiapan dengan baik pada olahraga apapun yang mungkin anda rasa mengalami kesulitan, seperti berenang atau bermain ski.
  • Kalau anda peka terhadap hipo, lakukan pembacaan glukosa darah secara berkala dan bersiaplah untuk menyesuaikan dosis dan asupan makanan anda.

Yang harus anda ketahui


  • Olahraga teratur dapat membantu anda mengendalikan diabetes dan membantu mengurangi risiko komplikasi jangka panjang, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.
  • Walaupun suatu program aktivitas fisik khusus mendatangkan keuntungan, menjaga kondisi agar lebih bertenaga dalam kehidupan sehari-hari juga menguntungkan.
  • beberapa olahraga yang berisiko, seperti menyelam, mempunyai aturan khusus bagi penderita diabetes. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar