Komplikasi Pada Diabetes (Bagian ke-2)

Retinopati

     Masalah ini dapat merupakan akibat dari kerusakan pembuluh darah di bagian belakang mata yang memasok darah ke retina. Gelembung-gelembung kecil dapat terbentuk di dinding pembuluh darah kemudian pecah, menyebabkan pendarahan atau kebocoran pada pembuluh darah. kalau tidak dilakukan apa-apa, pembuluh darah baru yang lemah akan muncul mencoba mengembalikan pasokan darah normal ke retina, dan mungkin juga akan berdarah.
     Kabar baiknya adalah bila perubahan-perubahan diketahui pada tahap awal, maka ini dapat diobati secara efektif  dengan menggunakan laser. Pengobatan ini menghentikan kerusakan dan biasanya mencegah penglihatan anda memburuk. Inilah sebabnya, sangat penting bagi penderita diabetes untuk memeriksa matanya secara teratur, setidak-tidaknya sekali setahun. Biasanya pemeriksaan dilakukan di klinik rawat jalan rumah sakit.


Retinopati pada penderita diabetes



Katarak

     Lensa mata secara bertahap menjadi keruh sehingga mencegah anda melihat dengan jelas. Ini terutama disebabkan oleh perubahan yang terjadi karena bertambahnya usia, tetapi orang yang menderita diabetes lebih peka terhadap katarak atau mungkin dapat menderita katarak pada usia yang lebih muda. Operasi untuk memasukkan lensa pengganti adalah sederhana dan efektif, dapat dilakukan tanpa perlu menginap di rumah sakit.

Penyakit Jantung

     Ada bermacam-macam obat yang tersedia untuk mengatasi penyakit jantung, dan obat baru diperkenalkan setiap saat. Tergantung pada masalah anda yang sebenarnya, anda mungkin membutuhkan lebih dari satu jenis obat.
     Arteri tersumbat dapat dibuka dengan prosedur pembedahan yang disebut angioplasty, sedangkan operasi by-pass dapat mengganti arteri yang rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Bahkan, setelah mengalami serangan jantung yang aktual, banyak orang yang berhasil sembuh dan kembali hidup normal.

Penyakit Ginjal

     Ketika protein yang disebut albumin ditemukan di urine anda, ini mungkin menjadi tanda penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes. Selain pengobatan yang menjaga kadar glukosa darah anda tetap di kisaran normal, anda mungkin juga diresepkan obat untuk menurunkan tekanan darah.
     Ini sebagian dilakukan karena tekanan darah tinggi sering terhubung dengan masalah ginjal, tetapi pengobatan ini dapat mencegah atau memperlambat kerusakan lebih lanjut. Jika penyakit ini menjadi cukup parah untuk menghentikan kerja ginjal, pekerjaan membersihkan darah dapat diambil alih oleh mesin cuci darah atau dapat juga dilakukan pencangkokan ginjal.

Tekanan Darah Tinggi

      Sangatlah penting mengukur tekanan darah anda secara teratur. Kalau meningkat, anda akan diberi saran bagaimana mengubah diet dan gaya hidup untuk menurunkannya. Anda juga mungkin memerlukan obat-obatan, dan anda harus memakainya sesuai resep meskipun anda tidak mengalami gejala aktual, kalau tidak, anda berisiko mengalami stroke.

Impotensi

     Kerusakan pembuluh darah dan atau saraf yang memasok penis dapat menyebabkan impotensi pada pria yang menderita diabetes selama bertahun-tahun, terutama jika tidak dikendalikan dengan baik. Walaupun anda merasa malu untuk mendiskusikannya dengan dokter anda, dia dapat menawarkan beberapa pengobatan yang mungkin dilakukan, termasuk pemberian Viagra.

Waspada Hal Ini Jika Anda Menderita Diabetes


  • Diabetes membuat anda peka terhadap komplikasi jangka panjang meskipun banyak orang hanya mengalami masalah kecil dan bahkan tidak ada masalah sama sekali.
  • Kalau dokter anda menyarankan pengobatan untuk masalah jantung atau masalah lainnya, pastikan anda paham apa yang akan dilakukan bersama semua alternatifnya.

Perlu Anda Tahu


  • Tujuan pemeriksaan kesehatan secara teratur adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi.
  • Kalau ada tanda-tanda awal komplikasi, pengawasan ketat terhadap kadar glukosa darah anda dapat mencegah memburuknya kondisi anda.
  • Memakai suplemen tertentu (seperti minyak ikan atau pengurang nafsu makan) dapat mempengaruhi kadar glukosa darah. Bertanyalah kepada apoteker mengenai hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar