Situasi Khusus Bagi Penderita Diabetes

     Diabetes adalah kondisi kesehatan yang serius, tetapi sebaiknya tidak menghalagi gaya hidup anda secara serius. Anda akan mampu menghadapi sebagian besar kesulitan dengan sedikit perencanaan terlebih dahulu.

Kehamilan dan Kelahiran

     Kebanyakan wanita yang menderita diabetes mempunyai kehamilan yang bebas masalah dan bayi-bayi normal dan sehat, asalkan glukosa darahnya dikendalikan dengan baik. 
     Sekalipun pengendalian glukosa darah anda tidak sempurna sebelum pembuahan, sangat disarankan untuk melakukan lebih banyak pemantauan dan penyesuaian dosis insulin untuk memastikan kadar glukosa anda tetap terkendali selama kehamilan anda, dan tidak mempengaruhi berat badan bayi anda. Ini biasanya membutuhkan lebih banyak insulin daripada yang biasa anda pakai.

Diabetes pada wanita hamil



     Anda dapat melahirkan secara normal walaupun harus diberi insulin dan glukosa melalui tetesan infus untuk menjaga keseimbangan glukosa darah anda. Kalau kadarnya terlalu tinggi, bayi anda akan menghasilkan lebih banyak insulin untuk mengatasinya, dan ia akan lahir dengan hipoglikemia, tetapi dengan cepat akan sembuh dengan sendirinya.

Bepergian Ke Luar Negeri

     Fakta bahwa anda menderita diabetes tidak perlu mempengaruhi rencana bepergian anda asalkan anda mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal. Kalau anda bepergian dengan pesawat udara, bawa semua obat-obatan anda dan peralatan pemantaunya di tas tangan anda, dan jaga tas itu selalu di dekat anda.
     Jangan mengambil risiko membekunya insulin di kabin atau di bagasi pesawat yang berpotensi mengalami kesalahan. Kalau anda berada di iklim yang panas, simpan insulin di dalam lemari es kalau dapat, atau bila tidak dapat, usahakan tetap sedingin mungkin.
     Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter atau perawat diabetes tentang apakah anda membutuhkan penyesuaian dosis selama anda pergi, terutama ketika anda terbang jarak jauh. biasanya ini tidak diperlukan bagi orang yang menggunakan tablet, tetapi bagi orang yang menggunakan insulin mungkin perlu mengubah cara pemakaian untuk memperhitungkan perubahan waktu.
     Banyak orang mengetahui bahwa kadar glukosa darahnya mengalami perubahan pada saat berlibur, contohnya terutama pada cuaca panas atau kalau mereka berjalan-jalan atau berenang dalam sebagian besar waktunya. Sakit perut dapat menjadi pengganggu yang lumayan kalau anda menderita diabetes, jadi lebih berhati-hatilah saat memilih apa yang anda makan dan minum.

Pertolongan Mandiri Pada Situasi Khusus


  1. Jagalah kadar glukosa darah anda dengan ketat kalau anda berencana mempunyai anak, dan bersiaplah untuk melakukan lebih banyak pemantauan dan penyesuaian terhadap dosis insulin ketika anda hamil
  2. Bawalah obat-obatan diabetes di tas tangan anda ketika anda naik pesawat dan diskusikan dengan tim perawatan diabetes anda, apa dan bagaimana anda perlu menyesuaikan pengobatan anda.

Perlu Anda Ketahui Pada Situasi Khusus


  • Glukosa darah yang meningkat selama kehamilan membuat bayi memperoleh tambahan berat badan yang berlebihan dan mungkin dapat menyebabkan kelahiran prematur (kurang bulan).
  • Meskipun banyak maskapai menyediakan apa yang disebut dengan "makanan diabetes" kalau anda memintanya, biasanya anda dapat memakan makanan normal yang disediakan di pesawat.
  • Ketika bepergian ke tempat yang jauh, tetap jaga cairan tubuh anda dengan air putih dan hindari minum alkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar