Mencegah Terjadinya Hipoglikemia

     Meskipun hipoglikemia (hipo) dapat menjadi pengalaman yang tidak enak dan membuat cemas, sebenarnya ini tidak menyebabkan kerusakan apapun di tubuh anda. Walaupun anda mungkin akan kehilangan kesadaran, akhirnya tubuh anda akan mengeluarkan glukosa yang disimpan di hati dan menaikkan kadarnya pada aliran darah.
     Meskipun demikian, kalau ini dibiarkan sembuh secara alami, anda akan merasa tidak enak badan, sama seperti ketika anda merasa mabuk. Sebaiknya anda mengambil tindakan untuk mencegah reaksi yang lebih berat.

Pertolongan Mandiri

     Begitu anda menyadari tanda bahayanya, lakukanlah tindakan secepatnya untuk mencegah terjadinya hipo. Ini berarti minum akan makan karbohidrat bergula yang bekerja secara cepat. Dapat berupa sekaleng minuman bersoda yang manis, jus buah, cokelat, permen atau tablet glukosa. (Perhatikan bahwa minuman "diet" atau minuman "soda" yang bebas gula tidak mengandung gula sehingga mungkin tidak dapat mengatasi gejala hipo). 

Gejala-gejala hipoglikemia



     Minuman ini akan menaikkan glukosa anda dalam waktu yang singkat, dan sebaiknya diikuti dengan makanan ringan berkarbohidrat atau makan, contohnya roti sandwich (setangkup roti tawar dengan sayuran dan isi lain di tengahnya), kacang-kacangan, roti tawar bakar, buah segar, biskuit, susu manis atau semangkuk sereal, untuk menstabilkan glukosa darah dan mencegah hal ini berlanjut.

Apa yang Dapat Dilakukan Orang Lain

     Sering kali anda akan mengenali apa yang terjadi dan mampu melakukan tindakan yang diperlukan, tetapi kadang-kadang mungkin anda memerlukan bantuan orang lain.
     Mungkin hal yang berguna kalau tahu bahwa "mudah tersinggung" atau "gugup" dapat menjadi sebuah gejala hipo seperti berkeringat atau pandangan yang kabur. Ini mungkin menyebabkan anda menjadi terganggu dengan orang-orang yang menyarankan anda untuk makan sesuatu atau menolak untuk mengakui bahwa anda menderita hipo.
     Untuk kepentingan anda sendiri, terangkanlah hal ini kepada orang dengan siapa anda menghabiskan banyak waktu, seperti teman kerja atau teman satu tim sehingga mereka tidak jengkel dan mau menolong anda jika anda membutuhkanya.
     Kalau reaksinya terjadi dengan cepat atau tanpa tanda-tanda peringatan normal, anda dapat kehilangan kesadaran atau mengalami kejang-kejang, walaupun hal ini cukup langka.
     Kecuali orang-orang di sekitar anda menyadari apa yang telah terjadi, anda mungkin bangun di ambulan atau di unit gawat darurat rumah sakit. Beberapa penderita membawa jelly bergula yang dapat mengatasi hipo jika dioleskan ke gusi. Asosiasi Diabetes di Inggris menyarankan hal itu. Pada orang yang tidak dapat menelan, jelly hanya boleh diberikan kepada orang yang tidak sadar oleh professional kesehatan yang terlatih.


Hipoglikemia di Waktu Malam Hari 


     Kalau secara teratur anda bagun pagi merasa kelaparan atau gejala mabuk seperti habis minum minuman keras, anda dapat saja telah mengalami hipo di waktu malam. Anda dapat memastikannya dengan melakukan tes darah sekitar pukul 3 pagi, kemudian mendiskusikan penyesuaian pengobatan anda dnegan tim penasehat medis anda. Makanan ringan berkarbohidrat jangka panjang (seperti keju bakar atau roti gandum) sebelum anda tidur akan membantu mencegah hipo di malah hari.


Injeksi Darurat Untuk Hipoglikemia


     Hipo parah yang mengakibatkan kehilangan kesadaran dapat diobati dengan suntikan hormon glukagon yang menaikkan kadar glukosa darah, tetapi ini hanya boleh dilakukan oleh seseorang yang telah dilatih oleh tim perawatan diabetes.

Perhatikan Hal Ini:


  • Selalu bawa karbohidrat yang bekerja cepat, seperti tablet dextrose, segera dimakan setelah anda mengalami gejala hipoglikemia.
  • Pastikan bahwa kolega dan teman-teman tahu apa yang harus dilakukan kalau anda tidak dapat menolong diri anda sendiri selama hipo.
  • Jangan malu untuk meminta bantuan jika anda membutuhkannya. Orang dapat salah sangka tentang kondisi anda dan tidak tahu apa yang dapat dilakukannya.
Tablet glukosa yang bereaksi cepat

Ketahuilah Hal Ini:


  • Sering kali tanda-tanda terjadinya hipo mudah dikenali.
  • Kadang-kadang hipo dapat terjadi dengan sangat cepat dan menyebabkan kehilangan kesadaran.
  • Hipo tidak mempunyai efek permanen. Tetapi kondisi ini tidak menyenangkan dan harus ditangani sejak awal secepat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar