Pemeriksaan Secara Menyeluruh di Rumah Sakit Bagi Penderita Diabetes

     Kebanyakan penderita diabetes harus mendatangi klinik rawat jalan rumah sakit setidak-tidaknya sekali setahun untuk pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan penilaian. Satu jenis tes yang harus dilakukan dirancang untuk mengukur kadar glukosa darah rata-rata selama beberapa minggu sebelum kunjungan.

Mengapa Pemeriksaan Ini Dilakukan?

     Tes rumah sakit melengkapi apa yang anda lakukan sendiri untuk memantau fluktuasi glukosa darah dalam periode yang singkat. Bahkan, kalau anda mengetahui beberapa pembacaan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah pada tes di rumah, penilaian jangka panjang akan menunjukkan apa dan seberapa baik bekerjanya pengobatan itu secara menyeluruh.

Medical Check Up - Pemeriksaan Kesehatan



     Walaupun hasil tes tidak dapat digunakan untuk membuat penyesuaian sehari-hari, tes ini membantu tim penasihat kesehatan anda untuk memutuskan apakah perlu perubahan dalam pengobatan. Contohnya, pembacaan tinggi dari salah satu tes ini pada orang yang telah mengikuti program makan sehat secara teliti dapat menjadi tanda bahwa sekarang mereka memerlukan bantuan ekstra, dalam bentuk tablet, untuk menjaga glukosa darahnya di bawah kendali.
     ada dua macam tes, yaitu hemoglobin A dan fruktosamine. kedua-duanya dapat dilakukan pada waktu yang berbeda kalau dokter anda merasa perlu informasi tambahan dalam menilai atau menyesuaikan pengobatan anda.

Hemoglobin A

     Hemoglobin membawa oksigen di darah dan memberi warna merah pada sel-sel. Tes yang disebut HbA1 dan HbA1c dan tergantung pada versi yang dilakukan, memeriksa apakah hemoglobin dan glukosa telah bersatu secara kimiawi atau belum.
     Banyak klinik diabetes saat ini menggunakan versi HbA1c, tetapi tujuannya sama. Sel darah merah yang membawa hemoglobin dan bersatu dengan glukosa mempunyai umur 2-3 bulan. Tes ini menunjukkan kepada tim kesehatan anda, berapa rata-rata kadar glukosa darah anda dalam periode itu dan memberikan gambaran menyeluruh tentang seberapa baiknya pengendalian diabetes anda. Anda akan dapat mendiskusikan dengan mereka apa arti semua ini dalam mengatur kondisi anda.

Fruktosamine

    Suatu analisis protein-protein tertentu dalam plasma darah yang terikat dengan glukosa dilakukan untuk memberikan rata-rata kadar glukosa dilakukan untuk memberikan rata-rata kadar glukosa darah anda selama 2-3 minggu sebelumnya. Tes ini dapat dilakukan lebih sering pada wanita hamil untuk memastikan penyesuaian dosis insulin yang dilakukan telah bekerja dengan baik.

Hal-hal yang perlu anda perhatikan


  • Datanglah selalu pada jadwal pemeriksaan kesehatan anda walaupun hasil pemeriksaan di rumah mengatakan bahwa diabetes anda terkendali dengan baik.
  • Jangan menjadikan pemeriksaan rumah sakit sebagai pengganti tes yang dilakukan sendiri.

Anda Perlu Tahu:


  • Pemeriksaan darah khusus yang menilai keefektifan pengobatan anda pada minggu-minggu sebelumnya adalah bagian normal pemeriksaan rumah sakit.
  • Pemeriksaan ini berguna untuk waktu-waktu yang lain, seperti ketika ada kemungkinan pengobatan anda harus diganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar