Denyut Jantung -- Irama Pada Jantung Anda

     Tempo pada jantung anda dinamakan kecepatan denyut jantung. Denyut jantung ini sangat berbeda-beda dari satu orang dengan orang lainnya. Tetapi asalkan anda dalam kondisi kesehatan yang baik dan harus beristirahat dalam waktu yang lama, jantung anda mungkin berdenyut sekitar 60 sampai 80 kali setiap menitnya.

     Jika anda berolahraga atau tereksitasi (terangsang), jantung anda berdenyut dengan lebih cepat untuk memberikan tambahan darah dan oksigen sebagai bahan bakar metabolisme yang meningkat. Pria berusia 35 tahun yang melakukan balapan lari dapat menghasilkan kecepatan denyut jantung sekitar 185 kali per menit. Dalam mencapai orgasme, kecepatan jantung anda dapat mencapai 160 sampai 180 kali per menit.

Irama Denyut Jantung


      Kecepatan jantung yang lebih tinggi adalah alami dan baik jika disebabkan oleh aktivitas fisik. Tetapi pada keadaan umumnya, jantung yang kuat berdenyut lebih lambat. Terdapat banyak jenis pemicu tak alami yang meninggikan denyut jantung, diantaranya: tembakau, kafein, alkohol dan berbagai jenis obat dapat meningkatkan denyut jantung. Demikian pula hal nya dengan stres dan emosi lain yang meningkatkan kebutuhan oksigen tubuh.

     Saat seorang pria bertambah tua, kecepatan denyut jantungnya secara alami melambat. Saat usia 25 tahun, kecepatan denyut jantung maksimum anda sekitar 200 kali permenit. Pada usia 65 tahun, kecepatan puncak adalah 155 kali per menit. Kecepatan denyut jantung lebih rendah pada atlet terlatih, karena jantung berkontraksi lebih kuat dan mampu memompakan lebih banyak darah dalam satu kali denyutan.

     Berikut ini cara terbaik untuk membuat denyut jantung anda lambat dan sehat:
Tetaplah Aktif. Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan sebenarnya, tapi kita ulangi saja, olahraga teratur dapat memperkuat jantung dan membantunya memompakan lebih banyak darah pada tiap kali kontraksi. Bahkan olahraga ringan sekalipun dapat membuat jantung anda lebih efisien dan mencegah kecepatannya meningkat. Bahkan jalan kaki sepuluh menit tiga kali setiap hari lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

Tetaplah Ramping. Jika anda kegemukan, jantung anda harus bekerja lebih berat. Selain itu, ada banyak jaringan yang harus dicapai oleh darah, dan anda membakar energi tambahan untuk menggerakkan tubuh. Beban itu, langsung maupun tidak langsung bertumpu pada jantung anda. 

Tertawalah. Penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa, setelah stimulasi awal, dapat menjadikan jantung anda berdenyut lebih lambat dibandingkan sebelumnya. Para peneliti menduga tertawa dan perasaan positif lain membantu memicu pelepasan zat kimia yang dinamakan endorfin, yang membangkitkan perasaan sehat dan membuat tubuh tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar