Siapa Saja Yang Perlu Diberitahu Bila Anda Mengidap Diabetes?

     Anda mungkin tidak mau semua orang tahu bahwa anda menderita diabetes, tetapi ada beberapa situasi yang untuk kebaikan anda sendiri, anda harus memberitahu orang lain dan situasi yang anda wajib memberitahukannya.

Dokter dan Dokter Gigi

     Dokter umum anda akan mempunyai catatan rincian diabetes anda di rekam medis anda, tetapi sebaiknya anda mengingatkan kalau anda bertemu dengannya karena gejala-gejala yang tidak berhubungan, terutama jika anda tidak bertemu dengan dokter yang biasa.
     Anda juga harus mengingatkan setiap dokter yang mengobati anda di rumah sakit, terutama jika anda berada di bagian kecelakaan dan gawat darurat, dan mereka tidak mempunyai catatan mengenai anda. 
     Dokter gigi anda mungkin bertanya sebelum pengobatan, tetapi bila tidak, anda sebutkan sendiri diabetesnya.


catatan medis


Ketika Pengobatan Anda Berubah

     Pemakaian sulphonylureas dan insulin berarti bahwa anda mungkin mengalami hipo di suatu waktu. Jadi, ketika anda mulai memakai sulphonylureas dan insulin itu untuk pertama kalinya, adalah penting bahwa orang-orang dengan siapa anda menghabiskan banyak waktu tahu tanda-tanda dan tindakan yang harus diambil bila diperlukan.
     Anda juga harus memberitahu anggota kelompok anda jika anda berolahraga dalam grup, guru dalam kelompok olahraga apapun dan siapapun yang ada bersama anda dalam situasi ketika anda mungkin mengalami hipo yang tidak terduga.
     Hampir sama dengan itu, jika anda mengalami tanda-tanda peringatan hipo, beritahu seseorang kalau anda tiba-tiba membutuhkan pertolongan untuk mengatasi glukosa darah rendah. Selalu membawa tablet glukosa dan makanan ringan berkarbohidrat kerja cepat dan pastikan mudah dicapai. Beri tahu mereka tentang letak barang-barang itu, kapan, dan mengapa anda mungkin membutuhkannya.

Di Kantor

      Majikan dan teman sejawat anda mungkin harus tahu karena ada beberapa pembatasan yang berhubungan dengan lingkungan yang berpotensi bahaya, dan beberapa macam pekerjaan tidak lagi terbuka untuk anda. Walaupun begitu, teman sejawat harus memahami mengapa anda perlu makan pada saat saat yang teratur dan membatasi minuman dan seterusnya.

Apa yang Perlu Diketahui Orang Lain?

     Teman-teman sejawat mungkin harus tahu tentang diabetes anda kalau anda diobati dengan insulin atau tablet yang membuat anda peka terhadap hipoglkemik. Jelaskan apa itu, gambarkan gejala-gejalanya, dan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu. Beri tahu mereka tempat anda menyimpan tablet glukosa atau mendapatkan minuman manis bagi anda kalau diperlukan. 
     Anda mungkin harus menjelaskan bahwa penting bagi anda makan secara teratur di waktu-waktu tertentu, jadi rapat atau pertemuan pada saat makan siang, atau bekerja sampai malam mungkin anda.

Perhatikan Hal-Hal Berikut ini


  1. Pastikan bahwa profesional kesehatan manapun yang merawat anda karena kondisi lain tahu bahwa anda menderita diabetes.
  2. Beritahu sejawat dan teman-teman olahraga anda, terutama jika anda peka terhadap hipoglikemia.
  3. Sebelum mengambil polis asuransi perjalanan, periksalah bahwa polis itu tidak mengesampingkan "keadaan yang sudah ada" atau masalah-masalah yang terjadi karena diabetes (bila dikesampingkan, maka diabetes atau masalah yang terjadi karena diabetes tidak terlindungi).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar