Terapi Alternatif Bagi Penderita Diabetes

     Banyak obat-obatan farmasi, termasuk metformin, pertama kali dibuat dari tumbuh-tumbuhan, dan ahli penelitian dengan menyelidiki beberapa obat/ramuan herbal tradisional yang disebut-sebut bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Meskipun demikian, belum ada yang menghasilkan pengobatan efektif, dan anda harus ingat bahwa mengobati diri sendiri dengan ramuan herbal yang belum diuji dapat membahayakan. Berkonsultasilah dengan herbalis medis bersertifikat untuk mengetahui apa yang ditawarkan.

Apakah Indeks Glikemik?

     Beberapa ahli pengobatan alternatif menyarankan bahwa orang yang menderita diabetes dapat mengambil manfaat dari perencanaan diet dengan cara menghitung indeks glikemik (IG) setiap makanan.
     Indeks glikemik adalah kecepatan makanan diubah menjadi glukosa di aliran darah dan teorinya adalah bahwa dengan memilih makanan yang rendah IG-nya, anda akan mampu menghindari kenaikan glukosa darah secara tiba-tiba. Prinsipnya adalah nasihat untuk mengikutsertakan makanan berpati (karbohidrat kompleks) pada setiap makanan: biji-bijian yang masih berkulit ari, kacang-kacangan, buah dan sayuran, ditambah daging dan ikan.

Indeks Glikemik


     Menghindari makanan bergula dalam jumlah besar (karbohidrat termurnikan) juga penting, seperti makanan yang mengandung maltosa, glukosa, sirup jagung, laktosa dan sukrosa. Untuk menggunakan IG dalam praktik membutuhkan waktu dan tenaga. Lebih mudah bagi anda untuk mempersiapkan makanan dari rumah sesuai dengan petunjuk makanan sehat.

Membantu Pikiran dan Tubuh

     Walaupun terapi komplemen tidak dapat menambah pasokan insulin atau memperbaiki reaksi anda terhadapnya, beberapa orang menemukan bahwa pengobatan seperti pijat, aroma terapi dan refleksologi atau teknik-teknik seperti yoga dan meditasi dapat membantu mempermudah hidup penderita diabetes.
     Anda mungkin menemukan berbagai bentuk terapi untuk menghilangkan stres psikologis atau membantu anda mengatasi kesulitan, dapat dicoba sepanjang anda mampu, namun janganlah mengharapkan keajaiban. Anda dapat menemukan kelompok-kelompok seperti yoga, relaksasi, dan meditasi setempat. Ada juga video dan bermacam-macam buku yang dapat dibeli dan digunakan di rumah.

Perlu Diperhatikan


  • Selalu periksa bahwa praktisi alternatif tergabung dalam organisasi yang telah dikenal dan telah menyelesaikan pelatihan yang diakui.
  • Jangan menerima pengobatan dari siapa saja yang menjanjikan anda sembuh dari diabetes atau menyarankan anda menghentikan pengobatan yang telah diresepkan.
  • Terapi alternatif yang menambah rasa nyaman tubuh anda atau mengurangi stres dapat saja menguntungkan asalkan anda tetap realistis mengenai apa yang anda harapkan dari terapi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar