Tes Darah dan Urine

     Sebelum melakukan tes darah, cuci tangan menggunakan air hangat, bilas dengan sabun secara hati-hati. Hal ini dapat menghilangkan sisa-sisa yang dapat memengaruhi hasilnya. Air panas membuat darah mengalir lebih lancar. 
     Tusuk jari anda. Beberapa orang memilih bagian berdaging di bagian depan dan yang lain memilih di samping kuku, tetapi kebanyakan lebih memilih di samping ujung jari karena bagian ini yang paling tidak sakit. Pilihlah daerah-daerah yang berbeda setiap kali tes, kalau tidak, jari anda dapat nyeri.
     Pertama kali mungkin anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan darah yang cukup, tetapi ini akan lebih mudah setelah latihan. Kalau anda merasa tidak ingin melakukannya, anda dapat membeli alat khusus yang memakai tusukan jarum dengan per (pegas). Anda hanya menekan tombolnya untuk melepaskan jarum dan menusuk jari anda.
Cara memantau kadar glukosa darah


Bagaimana Cara Menguji Darah Anda

     Ada beberapa metode yang berbeda untuk mengukur kadar glukosa darah anda, termasuk pengukuran digital yang menyediakan hasil akurat. Kebanyakan orang memilih meneteskan darah ke strip atau lembaran khusus. Metode yang paling sederhana (dan paling murah) adalah menggunakan tes strip khusus yang memberikan pembacaan warna.
  1. Teteskan setetes darah ke strip penguji hingga menembus ke dua sisi. Jangan sentuh strip tersebut dengan jari anda
  2. Hapus contoh tes darah dengan kapas sampai hilang.
  3. Bandingkan warna contoh darah tersebut, yang berubah tergantung pada kandungan glukosa, dengan chart khusus dan catat hasilnya.

Menguji Urine Anda

     Pengujian dilakukan menggunakan strip penguji yang mirip untuk uji darah. Waktu yang dibutuhkan untuk terjadi perubahan warna tergantung pada jenis stripnya, maka baca petunjuknya dengan hati-hati.
  • Urine yang dikeluarkan pertama kali bukan tanda yang dapat dipercaya.
  • Anda harus menguji contoh setelah anda mengosongkan kandung kemih anda setengah jam atau yang pertama kali pada hari itu.
  • Masukkan strip penguji ke dalam contoh urine yang segar.
  • Periksa beberapa perubahan warna pada chart yang telah disediakan

Pertolongan Mandiri


  • Pemeriksaan darah dan urin apapun adalah "masa lalu": mencatat efek-efek makanan dan pengobatan yang sudah lalu.
  • Kalau pemeriksaan pertama anda pada pagi hari biasanya tinggi, pertimbangkan untuk menyesuaikan asupan makan atau suntikan insulin pada sore hari sebelumnya.
  • Ingat infeksi dan penyakit lain dapat membuat pembacaan tinggi.

Anda Harus Ketahui:


  • Pemeriksaan urine dapat digunakan untuk memantau kadar glukosa darah, tetapi pemeriksaan darah lebih akurat.
  • Pembacaan yang kadang tinggi dan kadang rendah tidak terlalu bermakna, tetapi carilah saran jika hal itu terjadi terus menerus di luar batas.
  • Jarum dengan per (pegas) dan alat pengukur elektronik merupakan investasi baik bagi orang yang harus melakukan pemeriksaan darah secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar