Mengenal Otot Bisep Lebih Dekat

     Bisep adalah otot yang paling mudah dibentuk dan paling cepat berespons terhadap latihan yang tepat. Bahkan bisep yang seperti ular kecil dapat dipompa menjadi piton yang kuat dalam waktu yang relatif singkat. Tetapi anda tidak perlu tujuan mendapatkan lengan yang lebih besar agar mau berlatih. Meluangkan waktu melatih lengan atas dapat memberi manfaat besar bagi citra tubuh dan kesehatan anda. Dan dengan  meningkatkan kekuatan otot bisep, anda memperkuat pula genggaman dan kekuatan otot lengan lainnya, seperti otot lengan bawah. Saat kita melatih bagian tubuh tertentu, kita sesungguhnya melatih otot yang lain pula pada saat yang sama.




Memperkuat Lengan Atas
     Bagian bisep dari lengan anda mencakup otot bisep brakii dan brakialis. Bisep brakii memiliki dua kepala -- jadi dinamakan bi- (bi berarti dua). Otot itu menghasilkan benjolan yang anda lihat saat ada yang memamerkan otot lengannya. Brakialis adalah dua otot lain yang lebih kecil. Otot itu berada di bawah bisep brakii. Kedua otot digunakan jika anda memfleksikan siku; bisep brakii juga digunakan jika anda menggerakkan bahu.

     Kekuatan lengan bagi tubuh sama seperti daya kuda bagi kendaraan. Dalam kehidupan sehari-hari, janganlah menggunakan kapasitas ekstra terlalu banyak, akan tetapi mesin yang lebih kuat berjalan secara lebih efisien, dan sanat baik memiliki kekuatan yang dapat digunakan segera jika anda membutuhkannya.

     Tetapi perlu berhati-hati: walaupun manfaatnya besar dan cepat, jangan menghabiskan semua waktu berlatih anda untuk melatih bisep saja, atau anda mungkin terlalu membesarkannya dengan melupakan bagian tubuh yang lain. Dan jangan tergoda untuk mengangkat lebih berat dari yang dapat anda angkat, atau anda dapat menciderai diri sendiri nantinya. Bentuk dan teknik yang tepat lebih penting daripada mengangkat beban yang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar