Lima Petunjuk Penting dalam Latihan (Olahraga)

Latihan (berolahraga) hanyalah satu sisi, sisi lainnya adalah berlatih dengan cerdik. Berikut ini adalah petunjuk berolahraga dengan cerdik:

Lakukan Pemanasan terlebih dahulu. Sebagian besar orang langsung terjun ke bench press atau leg curl tanpa pemanasan. Lakukan saja, dan anda akan mengalami masalah (berhati-hatilah). Tetapi, lakukan latihan aerobik ringan lima sampai sepuluh menit, seperti lari di tempat atau loncat tali, untuk menggerakkan darah anda lebih cepat. Jika anda memiliki waktu, sambung pemanasan dengan latihan kardiovaskular selama 15 sampai 20 menit dengan bersepeda, menaiki tangga atau lari. Pastikan anda tidak melakukan pemanasan secara berlebihan; anda harus mampu bernapas normal. Ini meningkatkan sirkulasi, mengendurkan otot, dan mempersiapkan tubuh anda untuk melanjutkan latihan.




Lakukan peregangan dengan baik. Peregangan sangat penting bagi kesehatan anda. Ini juga merupakan ritual yang sangat baik sebelum melakukan latihan. Untuk melakukan peregangan dengan tepat: lakukan peregangan sampai titik resistensi, jangan sampai merasa nyeri. Jangan meregang dengan gerakan yang menyentak, atau anda dapat menciderai diri sendiri, dan tahan peregangan itu selama 20 sampai 30 detik. Menahan peregangan lebih dari 60 detik tidak lebih baik dari menahannya selama 30 detik.



Lakukan pendinginan setelah latihan. Jangan langsung mengambil handuk dan mandi, setidaknya sampai anda telah melaksukan pendinginan. Pendinginan merupakan sahabat karib dari pemanasan. Ia mencegah kekakuan otot setelah latihan, yang membuat anda tidak berjalan terpincang-pincang keesokan harinya. Untuk melakukan pendinginan, lakukan latihan aerobik ringan selama sepuluh menit seperti lari, diikuti dengan peregangan ringan lengan, tungkai dan punggung.



Belajar berelaksasi. Semakin anda berelaksasi setelah latihan, semakin baik jadinya. Relaksasi mempercepat pembuangan sampah metabolisme dari tubuh, sehingga menghindari nyeri keesokan harinya. Jadi ambil beberapa napas dalam, minum air , ucapkan selamat pada diri anda karena telah melakukan latihan yang baik. Anda akan senang dengan apa yang anda lakukan.



Selalu berlatih dengan air. Para ahli mengatakan sebagian besar dari kita tidak minum cukup air. Jika berhubungan dengan latihan, hidrasi yang tidak tepat bearti anda tidak berlatih seefektif seharusnya. Ditambah semua keringat yang anda keluarkan, anda berresiko mengalami dehidrasi kecuali anda mengisi penuh tanki. Untuk mempertahankan cairan tubuh yang memadai, minum sedikitnya enam sampai delapan gelas air setiap hari, termasuk minum sedikit di antar set, walaupun anda tidak merasa lelah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar