Cara Menangani Influenza

     Sebelum kita bahas bagaimana penanganan influenza, kita bahas terlebih dahulu apa itu influenza?
Influenza atau yang biasa disebut sakit flu adalah gangguan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Influenza bersifat menular dari satu orang ke orang yang lain, bahkan dapat juga menyerang hewan, seperti unggas dan babi. Akan tetapi, flu yang biasa dijumpai adalah penyakit yang banyak terjadi pada masa pergantian musim, ketika daya tahan tubuh seseorang menurun, virus influenza yang banyak berada di sekitar mudah menyerang.

Gejala-Gejala Influenza



     Flu merupakan penyakit yang ditandai dengan beberapa gejala, antara lain demam (temperatur tinggi, di atas 38 derajat celcius), batuk, pilek dan hidung tersumbat, sakit kepala dan nyeri sendi. Flu adalah penyakit yang bersifat self-limiting disease, atau penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan meningkatnya daya tahan tubuh. Namun, sering kali gejala yang muncul saat flu menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas dan berisirahat, maka dibutuhkan obat flu untuk mengatasi gejala-gejala tersebut.

Hal-hal yang Dapat Menyebabkan Influenza
     Flu disebabkan oleh virus influenza yang sangat banyak berada di sekitar. Tubuh orang normal yang sehat sebenarnya akan mampu bertahan dari serangan virus ini, tetapi terkadang ada situasi daya tahan tubuh menjadi turun, misalnya saat cuaca tidak stabil, kelelahan dan stres. Saat itulah tubuh akan mudah terserang virus ini dan menjadi sakit.

Penanganan yang Dapat Dilakukan Jika Kita Terserang Influenza
     Hal-hal berikut ini jika dilakukan, akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat masa penyembuhan dan mencegah flu.

  • Istirahat cukup dan berolah raga rutin saat sehat sehingga daya tahan tubuh meningkat agar bisa bertahan saat terkena virus flu.
  • Menghentikan aktivitas berat untuk sementara waktu.
  • Banyak minum air putih, terutama yang hangat.
  • Makan makanan sehat, terutama buah dan sayur.
  • Tutup dengan tisu atau sapu tangan apabila bersin dan batuk
Obat Obatan Bermerek Yang Dapat Diberikan Saat Terserang Flu:

Kombinasi obat batuk, pilek dan antihistamin (untuk batuk pilek tanpa demam dan nyeri/untuk meringankan batuk dan pilek)
     Benadryl DMP®, Bimarhindex®, Bantif Child®, Anakonidin®, Cosydin®, Branchopen®, Cosyr®, Cough en Plus®, Decadryl dhb®, Derosil®, Dexil®, Dexophan®, Dextral®, Dextrofort®, Dextromex®, Emtusin®, Ersylan®, Ephakaf®, Gamedryl®, Grantusif®, Ifarsyl®, Ikadryl®, Ikadryl DMP®, Kalibex®, Komix®, Konidin®, Lapifed®, Lapifed DM®, Licodril DMP®, Mersidryl®, Metakom®, Mixadin®, Mucotussan®, Neo Tusilan®, Neo Ultradin®, Oskadryl®, Poncolin®, Primadryl®, Pyridryl Plus®, Quelidrine®, Ramadry atusin®, Samcodryl®, Sanadryl®, Sanadryl DMP®, Sandro®, Siladex Cough & Cold®, Tilomix®, Tranabat®, Ventusif®, Vicks anak formula 44®, Yekadryl extra®, Allerin ekspektoran®, Cendonadryl®, Codecon®, Colfin®, Collerin®, Dantusil®, Decadryl ekspektoran®, Defan®, Fenidryl®, Flukol sirop®, Hufagrip BP®, Itrabat®, Molexdryl®, Nelldryl®, Nufadipect®, Nufadryl®, Rasadryl®, Triaminic batuk®, Triaminic ekspektoran® dan Winapen®

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?
Penderita disarankan untuk mengunjungi dokter apabila:

  • Flu tidak sembuh dalam waktu tiga hari, dan
  • Flu sering kambuh (lebih dari sekali dalam sebulan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar