Komplikasi Pada Diabetes (bagian ke-1)

     Penderita diabetes dapat mengalami kondisi lain (komplikasi) yang berhubungan dengan diabetes, walaupun kemungkinannya lebih kecil bila diabetes berhasil dikendalikan. Bila hal ini terjadi, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengobatinya.

Fakta Kaki pada penderita diabetes

     Orang yang menderita diabetes tidak tergantung insulin (diabetes tipe 2) yang tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun dan orang yang glukosa darahnya tidak terkendali adalah orang yang paling peka terhadap masalah kaki.
     Anda harus memperhatikan kaki anda dengan baik karena kaki peka terhadap kerusakan, baik karena penyempitan pembuluh darah (arteri yang menyempit atau artherosklerosis), atau ke saraf sensorik (neuropati). Pasokan darah yang buruk berarti kaki anda tidak bereaksi baik terhadap keadaan suhu yang ekstrim, cidera atau infeksi lain.


Kaki pada penderita diabetes


     Ketika terjadi kerusakan saraf, anda mungkin tidak menyadari adanya luka-luka kecil, akibatnya infeksi dapat menetap kalau anda tidak berusaha memeriksa kerusakan kaki yang dapat terjadi setiap hari.
     Siapapun yang mengalami kesulitan dengan benjolan dan bengkak pada kaki yang dapat menjadi radang harus segera menemui podiatris atau chiropodis. Ia juga dapat memberikan saran-saran umum tentang cara-cara yang benar untuk merawat kaki. Jangan merawatnya sendiri dengan plester untuk luka kecil karena ini mengandung asam yang dapat menambah risiko infeksi.

Hati-Hati Terhadap Infeksi

     Anda harus berhati-hati untuk menghindarkan infeksi kaki, terutama jika anda mengalami pengurangan perasaan yang mencegah anda menyadari bahwa infeksi telah terjadi. Akhirnya, infeksi parah dan tidak terawat dapat mengakibatkan gangren. 
     Kerusakan pasokan darah pada kaki, terutama pada orang yang sudah lanjut usia dengan arteri yang mengeras dan tersumbat, juga menambah resiko gangren. Selalu temui dokter atau perawat diabetes anda jika infeksi tidak sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari.

Daftar Periksa (checklist) Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes


  1. Jangan pernah meremehkan cedera kaki anda, tidak peduli seberapapun kecilnya.
  2. Periksa kaki anda setiap hari dan temui podiatris atau chiropodis kalau terjadi masalah. Kalau anda mengalami kesulitan memeriksa kaki sendiri, mintalah bantuan pada orang lain.
  3. Cuci kaki setiap hari menggunakan sabun dan air hangat, jangan gunakan air panas.
  4. Keringkan kaki secara menyeluruh, terutama di daerah sekitar ibu jari.
  5. Kalau kulit anda kering dan kasar, pakailah krim pelembap kulit.
  6. Gantilah kaos kaki yang ketat dan stocking setiap hari.
  7. Jangan memakai sepatu yang tidak cocok ukurannya.
  8. Periksa bahwa tidak ada sesuatu dalam sepatu yang dapat membuat lecet.
  9. Pakailah sepatu baru sebentar saja untuk pertama kalinya dan periksa sesudah pemakaiannya apakah terjadi lecet atau tidak.
  10. Potong kuku jari kaki mengikuti lengkungan ujung jari, jangan memotong terlalu dalam di bagian ujung.
  11. Hindari suhu ekstrim (contohnya, jangan meletakkan kaki anda pada botol air panas untuk menghangatkannya).
Perawatan kaki pada penderita diabetes

Perlu Anda Perhatikan Bila Terjadi Komplikasi Diabetes


  • Sangatlah penting untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur di tangan seorang praktisi yang berkualitas untuk memastikan apakah ada tanda-tanda kerusakan yang dapat ditemukan dan diobati sedini mungkin.
  • Berhati-hatilah untuk mencegah kerusakan yang tidak disengaja pada kaki anda dan periksalah kaki anda setiap hari jika ada tanda-tanda cedera atau infeks
  • Jangan pernah memecahkan sebuah gelembung luka karena ini dapat menyebabkan infeksi masuk melalui kulit yang rusak tersebut.

Perlu Anda Ketahui Bila Terjadi Komplikasi Diabetes


  • Diabetes yang tidak terkendali atau tidak diobati dapat berkembang menjadi masalah pada mata dan kaki anda.
  • Penderita diabetes sangat berisiko mengalami katarak dan kerusakan retina.
  • Konsultasi dengan seorang podiatris sangat disarankan bagi siapa saja yang menderita diabetes dan penting jika penglihatan buruk atau kelebihan berat badan membuat perawatan kaki menjadi sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar