Jantung - Si Pekerja Keras Yang Rakus Darah

Ukuran jantung sekitar kepalan tangan. Jantung anda terletak agak ke kiri dari pertengahan dada anda dan terjepit dengan baik di antara tulang dada dan tulang belakang dan dikelilingi oleh paru-paru. Jantung memiliki tiga lapisan otot:

  • Endokardium, lapisan paling dalam yang licin dan selalu basah untuk mengurangi gesekan bahan yang berjalan di dalamnya.
  • Miokardium, dinding otot tebal yang melakukan pekerjaan memompa.
  • Epikardium, membran tipis yang mengelilingi seluruh jantung dan merupakan bagian dari struktur lebih besar yang dinamakan perikardium, perikardium menambatkan jantung di tempatnya - merupakan suatu hal yang baik karena tidak ada orang yang ingin jantungnya berpindah-pindah posisi.


Bayangkan jantung sebagai apartemen dengan empat kamar, mungkin akan lebih berantakan dari apartemen anda. Tiap ruang adalah kempat ruang dari jantung. Dua ruang paling atas, atrium, adalah ruang pungumpul; di tempat tersebut dikumpulkan darah dari vena dan juga darah segar yang mengandung oksigen dari paru-paru. Dua ruang bawah, ventrikel, adalah ruang pemompa; kerjanya mendorong darah keluar dari jantung, yang pertama ke paru-paru untuk menangkap oksigen, dan kemudian ke arteri tubuh untuk diedarkan.

Seperti yang anda lihat, jantung adalah pompa empat arah. Saluran yang menuju dan berasal dari tubuh serta saluran yang menuju dan berasal dari paru-paru. Untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah dan mengalir mundur ke ruang yang baru saja ditinggalkannya, jantung memiliki sejumlah katup empat arah. Pembukaan dan penutupan katup itulah yang menghasilkan suara denyut jantung. Suara "duk duk..." yang kita kenal akrab itu disebabkan oleh dua kontraksi sinkron yang membentuk siklus jantung.

Jantung merupakan otot, dan seperti semua otot yang lainnya, ia membutuhkan pasokan darah yang konstan untuk memberi makan sel-sel otot jantung. Tetapi jantung tidak mendapatkan suplai dari darah yang dipompakannya; akan tetapi ia membutuhkan sejumlah arteri, yang dinamakan dengan arteri koroner, untuk memberikan darah dan zat makanan yang diperlukan.

Dari bagian atas jantung keluar aorta, yang merupakan arteri paling besar. Aorta mengeluarkan cabang-cabang, yang salah satunya adalah arteri koroner, Arteri koroner menempel dipermukaan jantung, kemudian melingkar ke atas dan bercabang-cabang lagi sperti mahkota.


Terdapat alasan untuk adanya saluran otot tersebut. Walaupun saat istirahat, jantung anda bekerja keras. Jantung adalah otot yang selalu bekerja yang membutuhkan banyak darah. Coba perhatikan, Jantung memiliki berat kurang dari 1 persen berat badan anda, namun menggunakan sekitar 5 persen darah total yang dipompakannya. Lebih dari tujuh ounce darah (2,1 Liter darah) mengalir melalui arteri koroner setiap menit atau sekitar 126 Liter darah setiap jam.

Setiap kerusakan pada arteri koroner, bisa akibat dari penumpukkan lemak atau plak kolesterol misalnya, dapat mengacam otot jantung itu sendiri. Penyakit arteri koroner menyebabkan lebih banyak kematian dibandingkan dengan gangguan jantung lainnya.

Tautan lainnya:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar