Mencegah Komplikasi Pada Penderita Diabetes

     Diabetes yang tidak diobati atau dikendalikan dengan buruk dapat berlanjut ke berbagai macam kondisi yang mempengaruhi berbagai macam sistem tubuh. Menjaga kadar glukosa darah secara ketat adalah usaha pencegahan yang terbaik. Program makan yang sehat dan olahraga teratur dapat membantu meminimalkan risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah.
     Ini menjadi semakin penting ketika anda bertambah tua, ketika kerusakan sistem jantung dan pembuluh darah mungkin akan muncul bersama dengan masalah-masalah seperti angina, serangan jantung, dan stroke.

Berhenti Merokok

     Walaupun anda telah mengalami beberapa kerusakan, anda masih mendapat keuntungan dari berhenti merokok. Semua komplikasi diabetes yang dapat timbul tampaknya mempengaruhi orang yang merokok. 
     Merokok membuat anda lebih peka terhadap masalah mata dan ginjal yang dihubungkan dengan diabetes. Asap rokok juga menambah risiko berbagai macam penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker dan penyakit lainnya. Jika anda merasa bahwa anda tidak dapat melakukannya sendiri, berkonsultasilah kepada dokter anda tentang tempelan nikotin dan alat bantu lain untuk membantu berhenti merokok.

Berhenti merokok


Alkohol Dalam Jumlah Sedang

     Anda boleh minum satu atau dua gelas anggur atau sesloki bir jika menginginkannya, tetapi jangan berlebihan. Jangan minum pada saat perut kosong. Setidak-tidaknya cobalah untuk makan makanan ringan berkarbohidrat pada saat yang bersamaan. Ingatlah bahwa alkohol dapat menurunkan glukosa darah dan menambah risiko hipo kalau anda memakai insulin atau tablet sulphonylureas.

Diet

     Makanan yang anda makan merupakan faktor penting dalam mengendalikan diabetes anda. Makan dalam jumlah sedikit dan sering selama sehari dapat mencegah kadar glukosa darah anda turun membahayakan. Memilih makanan yang berubah secara pelan menjadi energi adalah yang pilihan terbaik.
    Jika anda merasa penyesuaian itu sulit, cobalah mengambil tindakan selangkah demi selangkah, mengurangi makanan tinggi lemak, dan secara bertahap menambah lebih banyak buah dan sayuran segar.

Pertolongan Mandiri Mencegah Komplikasi Diabetes

  1. Dapatkan bantuan dari tim perawatan diabetes anda seperti halnya orang-orang terdekat dan tersayang anda untuk mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.
  2. Terimalah diabetes sebagai sesuatu yang harus anda perhitungkan tanpa membuatnya menguasai kehidupan anda.
  3. Jangan menyepelekan atau membiarkan tanda-tanda awal komplikasi dengan berharap akan hilang sendiri. Perawatan yang cepat sangat penting untuk mencegah memburuknya permasalahan.

Ketahuilah Hal Ini Untuk Mencegah Komplikasi Diabetes


  1. Perubahan gaya hidup dapat mencegah terjadinya komplikasi.
  2. Merokok menambah risiko kesehatan ketika anda menderita diabetes sehingga menambah kepekaan anda terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah.
  3. Temuilah dokter anda jika anda mengalami gejala, seperti nyeri dada dan kehabisan napas setelah kegiatan fisik ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar