Program Makan Yang Sehat Bagi Penderita Diabetes

     Kalau anda mempunyai kebiasaan makan bersama keluarga, tidak perlu berubah hanya karena anda diketahui menderita diabetes. Mereka juga akan diuntungkan dengan makan makanan yang sama dengan anda. Diet yang seimbang adalah diet yang dapat memasok semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan kecukupan jumlah karbohidrat, buah dan sayur, protein dan lemak. 

     Konsumsilah bermacam-macam makanan yang mengandung bahan tersebut, termasuk lebih banyak makanan segar, dan sedikit makanan terproses, dan minimalkan makanan berlemak dan bergula. Diet yang tinggi lemak hewani, gula dan alkohol dapat meningkatkan lemak darah yang disebut lipid (seperti kolesterol) dan dapat menambah risiko penyakit jantung.

     Semua makanan mengandung kalori. Beberapa gula, lemak, dan makanan dimurnikan - tinggi kalori dan sedikit nutrisi. Makanan yang lengkap nutrisi adalah yang terbaik bagi anda.


Rencana pola makan - diet bagi penderita diabetes


Perencanaan Makanan

  • Karbohidrat: Termasuk karbohidrat komplek (bukan gula) sebagai bagian dari setiap makanan. Membuat anda merasa kenyang tanpa menggemukkan. Pilih jajanan yang kaya karbohidrat asin untuk menyeimbangkan tingkat glukosa anda. Termasuk contohnya: Pasta, nasi, kentang, roti atau sereal.
  • Protein: Pilihlah makanan dari susu rendah lemak dan berbagai protein hewani rendah lemak, seperti kalkun dan ayam. Selalu dimasak tanpa tambahan lemak. Makan lebih banyak ikan dan makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang dan kedelai. Termasuk contohnya: Semua daging, termasuk unggas, ikan, telur, susu dan olahannya, kacang-kacangan dan kedelai.
  • Lemak: Pilih alternatif rendah lemak dan daging potongan bersih lemak; hilangkan lemak yang ada. Hanya makan makanan berlemak sesekali. Makanan ini memberi sedikit nutrisi (seperti gula, garam dan alkohol) dan dapat mempengaruhi keseimbangan glukosa anda. Termasuk contohnya: Mentega dan olesan non mentega, produk susu, daging, makanan terproses, roti dan kue, minyak salad dan minyak goreng.
  • Serat: Makanlah kira-kira lima porsi buah dan sayur kaya nutrisi setiap hari. Sebagai makanan kecil, makanlah buah segar dan sayuran mentah. Termasuk: semua sayur dan buah-buahan, biji-bijian, dan gandum yang masih berkulit ari.

Masukan Lainnya:

  • Masukkan karbohidrat sebagai bagian dalam setiap kali makan dan cobalah makan bermacam-macam makanan segar.
  • Makanan yang melepaskan energi secara lambat (low glicemic index), misalnya kacang-kacangan, buah persik, susu, roti dari gandum yang masih berkulit ari dan pasta.
  • Makanan yang dicerna secara cepat, antara lain pisang, anggur kering, wortel, kentang, bekatul, jagung dan roti tawar.

Anda Harus Tahu:

  • Kalau anda harus menurunkan berat badan, bicaralah dengan ahli diet mengenai cara-cara terbaik untuk melakukannya.
  • Makanan biji-bijian dan buah-buahan mengandung sedikit kalori, dan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.
  • Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat dan gula murni untuk beberapa saat kethika anda harus menaikkan kadar glukosa anda.

Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar