Beberapa Latihan Untuk Otot Trisep (Bagian 1)

Trisep terkadang dianggap sepele di dalam dunia latihan, dikalahkan oleh bisep yang lebih mudah untuk dipamerkan. Namun trisep tidak boleh diabaikan. Bagi yang belum tahu, trisep membentuk dua per tiga massa otot lengan bawah.

     Otot trisep harus kuat karena satu alasan: trisep bertanggung jawab untuk pergerakan tangan setiap hari. Jadi jika anda benar-benar menginginkan lengan atas yang mengesankan, trisep merupakan bagian tubuh yang pnting untuk dijaga kesehatannya. Trisep memiliki peranan yang penting dalam pergerakan lengan. Tanpa trisep ini anda tidak akan mampu meluruskan tangan anda, trisep juga bertanggung jawab untuk meluruskan lengan setelah membengkok di siku.

Berikut ini gerakan-gerakan yang dapat dilakukan untuk melatih otot trisep:

1. Triceps Pull-Down
     Inilah cara yang mudah dilakukan untuk memberikan hasil yang cepat. Latihan ini memerlukan mesin triceps pull-down atau cable. Mulailah dengan berdiri menghadap mesin dan pegang handle dengan kedua lengan. Gunakan genggaman sempit, dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Pegang handle setinggi yang nyaman sambil mempertahankan lengan atas menempel di tubuh, dengan siku yang membengkok.





     Dari posisi awal, turunkan handle sampai anda meluruskan kedua lengan. Gerakan itu harus halus, dengan trisep yang melakukan semua gerakan itu. Siku harus tetap menempel pada tubuh, dan anda harus merasakan kontraksi di trisep anda. pergelangan anda harus terkunci dan lurus, dan anda tidak boleh mengayunkan tubuh untuk mendapatkan momentum. Naikkan handle, kembali ke posisi awal.

2. Overhead Triceps Extentsion
     Inilah latihan trisep yang klasik dengan menggunakan beban. Berbaringlah terlentang di atas bangku latihan, sambil memegang barbel di atas dada dengan pegangan sempit-artinya, tangan harus kira-kira terpisah empat sampai enam inci, telapak tangan menghadap ke atas. kaki harus di atas bangku dengan kaki rapat dan lutut sedikit terpisah.

Latihan Gerakan Overhead Triceps Extension


     Bengkokkan siku anda, sambil perlahan-lahan menurunkan beban ke atas kepala. Jangan mengayunkan lengan; pertahankan tetap diam dan berkonsentrasilah pada trisep. Naikkan posisi barbel ke posisi awal.

Baca Juga:
Gerakan Untuk Melatih Otot Bahu
Gerakan Untuk Melatih Otot Bisep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar