Tes - Angiografi Koroner dan EKG

Angiografi koroner digunakan untuk memperoleh gambaran arteri yang memasok darah ke otot jantung. Angiografi bisa menunjukkan arteri koroner yang menyempit atau tersumbat, yang tidak tampak pada foto rontgen biasa. Bius lokal diberikan untuk membuat kulit mati rasa, dan sebuah kateter lentur kecil dimasukkan ke dalam arteri femoral, melalui aorta dan masuk ke dalam arteri koroner. Pewarna kontras disuntikkan melalui kateter, lalu dilakukan serangkaian foto rontgen. Tindakan ini tidak menimbulkan rasa nyeri, tapi anda mungkin akan memerah saat pewarna kontras disuntikkan.

Kateter dimasukkan ke dalam arteri koroner untuk melihat penyempitan pembuluh darah




     Selama tindakan, kateter diletakkan di dalam jantung dengan ujung kateter di dalam arteri koroner, lalu pewarna disuntikkan. Arteri dan pembuluh darah kecil yang berasal dari arteri koroner tersebut ditampilkan melalui serangkaian foto rontgen. Posisi Kateter mungkin diatur kembali dan tindakan tersebut diulangi untuk memeriksa seluruh arteri koroner.

Baca juga: Penggolongan Darah dan Kegunaannya

     EKG atau Elektrokardiografi digunakan untuk merekam aktivitas listrik dari jantung, untuk menyelidiki penyebab nyeri dada, dan mendiagnosis ritme jantung yang abnormal. Beberapa elektroda dilekatkan pada kulit untuk menghantarkan aktivitas listrik di berbagai daerah jantung. Pemeriksaan biasanya membutuhkan waktu beberapa menit dan bersifat aman, tanpa rasa nyeri. Rekaman (di atas kertas) yang dihasilkan oleh mesin EKG menunjukkan aktivitas listrik dari jantung saat berkontraksi dan berelaksasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar