Serat: Mengapa Kita Membutuhkan Serat?

Serat dalam makanan, yang ditemukan dalam gandum-ganduman, seperti oat, barley (barley adalah suatu sereal grain yang luar biasa serba guna, dengan suatu rasa yang mirip kacang dan konsistensi kekenyalannya seperti pasta dengan banyak manfaat bagi kesehatan) dan jagung dapat mengenyangkan kita, sehingga kita sesungguhnya makan lebih sedikit makanan. Selain itu, serat yang juga ditemukan dalam buah dan sayuran, membuat tubuh kita teratur dan dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dengan memperlambat penyerapan lemak dan kolesterol yang kita telan dari makanan, begitulah menurut Rosemary Newman, R.D., Ph.D, guru besar diet dan nutrisi di Montana State University di Bozeman, yang telah mempelajari manfaat nutrisi dari serat sejak awal tahun 1980-an.

Terdapat dua jenis serat, keduanya penting bagi kesehatan manusia. Jenis serat yang pertama yaitu serat larut yang banyak terkandung di dalam kacang-kacangan, buah-buahan, dan padi-padian, seperti oat, barley, rye (rye adalah sejenis gandum yang berasal dari barat laut Asia) dan beras. Inilah yang disebut dengan jenis penolong jantung karena ditemukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Disebut dengan serat larut karena dapat larut dengan air dan membentuk gel. Teorinya seperti ini: karena lemak bersifat larut, ia membentuk bahan seperti gel yang mengikat kolesterol dan lemak dan menghalanginya terserap oleh usus, menurut Dr. Newman, “jika bahan (lemak) tersebut tidak diserap, mereka dikeluarkan bersama kotoran.”




Sebaliknya, serat tidak larut, yang ditemukan dalam sayuran, sereal dan gandum-ganduman seperti wheat (perbedaan antara oat dan gandum adalah: oat merupakan biji-bijian sedangkan gandum adalah jenis rumput), tidak membentuk gel. Manfaat utamanya adalah membuat kita terartur. Walaupun kurang efektif dalam menghindari penyerapan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah, serat ini berguna untuk meningkatkan massa dan mempercepat perjalanan bahan-bahan di dalam usus. Sayangnya, sebagian besar dari kita tidak cukup mendapatkan keduanya, padahal cara yang cukup baik untuk menjaga kesehatan adalah makan lebih banyak makanan yang kaya akan serat. Berikut beberapa cara mudah untuk menambahkan serat ke dalam diet anda:

Tentukan Waktunya. Karena oat bran mungkin bukan kudapan kita yang ideal, apalagi orang Indonesia pastinya makan nasi baru berasa makan :D Menurut Dr. Newman, anda dapat membuat sebagian besar serat yang dikonsumsi masuk dengan menentukan waktunya, yaitu anda harus mendapatkan sebagian besar dari serat saat di waktu makan yang paling berlemak agar efektif, sehingga jika anda memulai hari dengan omelet dan daging, sediakan pula semangkuk oatmeal. Makan Daging Rendang saat makan siang? Tambahkan satu atau dua buah pir, dan jika anda makan steak, pesan pula kacang.




Ambil Buah. Menurut Dr. Newman, Dari 25 gram serat yang disarankan setiap hari, para ahli mengatakan bahwa 25 persennya atau 6,25 gram harus berasal dari sumber yang larut. Aturan yang dinamakan 25/25 sangat baik jika anda ingin pergi ke toilet secara teratur. Tetapi jika anda ingin menggunakannya untuk mencegah penyakit, anda harus menggandakan kontribusi menjadi sekitar 12 gram per hari. Tetapi jika makanan seperti itu bukan pilihan yang baik menurut anda, pilihlah buah dan sayuran tertentu berupa sebagian besar buah dan sayuran yang mengandung pektin (pektin adalah senyawa polisakarida kompleks yang menyebabkan selai dan jeli memiliki tekstur seperti gel) yang merupakan suatu bentuk serat yang larut. Sebagai bonusnya, produk itu juga mengandung fitokimiawi yang dipercaya dapat mencegah kanker dan penyakit lainnya. Sumber pektin terbaik adalah buah sitrus seperti jeruk besar dan jeruk biasa serta pir, plum dan peach (kesemek).



Isi Penuh. Menurut George L. Blackburn, M.D., Ph.d., guru besar bedah di Harvard Medical School dan kepala laboratorium nutrisi/metabolisme di Cancer Research Institute di Deacones Hospital Boston, mengatakan yang perlu anda lakukan adalah mengisi piring anda dengan sepertiga sampai setengah cangkir sereal tinggi serat yang dingin atau satu cangkir sereal panas, karena mungkin cara termudah mendapatkan booster lima gram adalah sereal, mengingat ada sangat banyak pilihan makanan yang mengandung serat tinggi.

Selamat mengkonsumsi makanan berserat... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar