Manajemen Stres: Dasar-Dasar Managemen Stres (Bagian-3)

Anda tidak dapat melawan stres secara efektif jika gaya hidup anda tidak sehat, inilah cara menyesuaikan hari-hari anda untuk menurunkan stres:

Tidurlah. Mendapatkan tidur yang memadai sangat penting untuk melawan stres. Sebagian besar dari kita membutuhkan tidur selama tujuh sampai delapan jam per hari agar merasa segar menurut Michael J. Nonden, M.D., dalam bukunya "Beyond Prozac". Perhitungan matematika sederhana: anda tidak dapat menonton acara televisi larut malam, kemudian bangun dengan alarm pada jam 05:00 pagi dan telah memiliki waktu tidur yang cukup.

Bagaimana anda tahu jika anda mendapatkan tidur yang cukup? apakah anda sulit terbangun? apakah anda tidur ayam saat menundukkan kepala? maka anda mungkin tidak mendapatkan cukup waktu tidur yang anda butuhkan menurut Dr. Norden.




Tidur yang cukup memiliki arti lebih dari jumlah jam tertentu. ini juga berarti tidur pada waktu yang kira-kira sama setiap hari untuk mempertahankan irama dan siklus alami tubuh anda.

Buang Stres. Oke, kita semua tahu bahwa kita harus makan dengan benar. Tetapi bagaimana yang benar-benar tepat? apa yang masuk ke dalam mulut kita setiap hari memiliki pengaruh besar padat gingkat stres baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang?

kita membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat untuk mempertahankan kemampuan tubuh melawan penyakit, memperaiki kerusakan, berpikir secara jernih dan cepat, dan sebagainya. Kita tidak mendapatkannya jika kita melewati sarapan pagi, mengunyah kudapan yang bergula dan berlemak, meminum soft drink dan kopi, burger saat siang dan minum minuman beralkohol.

Jika anda merasa tertekan, perhatikan pada bahan bakar ang anda gunakan, hindarkan stimulan seperti kopi dan cola, buang makanan asin yang rendah nilai gizinya, buang godaan makanan "junk food" mulai dari cakes, permen dll. Makanan tersebut dapat memberikan energi dalam waktu yang singkat, tetapi menyebabkan kelelahan saat energinya habis. Menjauhlah sedikit dari lemak dan minyak, jangan minum minuman keras, hal tersebut dapat membuat anda semakin depresi dan mengganggu tidur.

Akan tetapi makanan buah-buahan segar, minum banyak air putih, makan tiga kali sehari disertai sayuran segar, gandum dan makanan serat tinggi lainnya, inilah bahan bakar yang meningkatkan stamina. Dr Caudill menyatakan bahwa nutrisi adalah berbeda dari satu orang ke orang lainnya, sehingga sesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda. 

Bersikap realistislah, jika anda memutuskan untuk menggeser diet ke sisi yang lebih sehat, lakukan perlahan-lahan, sehingga perubahan itu dapat diterima dan anda dapat memperhatikan serta menangkap pengaruh positifnya tanpa merasa kelaparan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar