Manajemen Stres (Bagian-4) - Seni Relaksasi

Kita benar-benar dapat melatih tubuh dan pikiran untuk berelaksasi, menurut Larry J. Feldman, Ph.D., direktur Pain and Stress Rehabilitation Center di Newark, Delaware, dan penulis Feeling Good Again: The Most Powerful Medicine is What You Can Do for Yourself. Cobalah.

Salah satu cara yang efektif adalah mengubah cara kita bernapas, menurut Dr. Feldman. Tetapi tindakan penenangan sederhana lainnya yaitu bisa dengan: berjalan kaki atau hanya dengan menelepon kawan mungkin cukup untuk mengubah kimiawi otak menjadi lebih baik.



Bagaimana bisa? Dengan secara sadar merelaksasi tubuh dan pikiran, kita memberi sinyal ke otak untuk mulai menghasilkan campuran zat kimia relaksasi yang selanjutnya menyebabkan kita lebih rileks. Melakukan latihan ini secara teratur dapat menghasilkan perubahan fisik dan mental yang positif dan jangka panjang serta toleransi yang lebih kuat terhadap stres.Dr. Feldman mengajarkan suatu proses yang dinamakan respon relaksasi, yang berpusat pada latihan pernafasan, latihan ini mudah dipelajari menurutnya. Inilah beberapa teknik relaksasi:



Merelaksasikan secara progresif. Secara berganti-ganti menegangkan dan mengendurkan setiap bagian tubuh, dimulai dari ujung jari dan terus naik sampai kulit kepala. Kombinasikan penegangan dan pengenduruan ini dengan hembusan napas, saran Dr Caudill. Misalnya , bengkokkan jari kaki kanan saat anda menarik napas, kemudian kendurkan otot kaki saat anda menghembuskan napas kemudian kendurkan dan hembuskan napas, kemudian tegangkan tungkai kanan dari lutut ke bawah saat menarik napas dan kendurkan saat menghembuskan napas. Kemudian tegangkan panggul dan bokong kanan saat menarik napas, kendurkan saat menghembuskan napas. Pindahlah ke jari kaki kiri dan naik sampai ke panggul kiri sebelum anda melanjutkan naik ke bagian tubuh yang lain.

Bernapaslah Melalui Bahu. Atau di bagian mana saja yang rasanya tegang, menurut Dr. Caudill. Bayangkan menarik naas melalui bagian tubuh yang menegang itu. Hembuskan napas melalui daerah yang sama. Hembuskan ketegangan pergi bersama napas dan bayangkan ketegangan itu menghilang di udara. Beberapa ahli menyarankan anda agar anda membayangkan menarik napas warna atau kehangatan penyembuhan, keemasan terang, dan menghembuskan napas berwarna merah muda atau hitam, serta ketegangan meninggalkan tubuh dan menghilang di udara. Anda dapat membayangkan bernapas melalui leher, dahi, atau bagian tubuh manapun yang tegang.

Bunyikan ketegangan. Yang dinamakan musik zaman baru ditujukan untuk memberikan ketangan, menurut Dr. Caudill. Banyak toko musik menjual kaset dan compact disk yang berisi suara alam yang menenangkan: pantai, hujan atau sungai. Mengubah suara latar dapat segera mengubah suasana tegang.

Bilaslah. Air hangat menghilangkan ketegangan otot dan menyegarkan jiwa. Cobalah berendam air hangat di rumah atau di mata air alam, atau dengan mandi uap. Tetapi ada kelemahannyaL berendam air hangat kadang-kadang tidak terlalu cocok untuk beberapa kondisi kesehatan, terutama gangguan sirkulasi. Jika anda mengalami masalah kesehatan kronis, berkonsultasilah dahulu dengan dokter anda, demikia peringatan Dr. Caudill.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar