Respon Relaksasi

Mungkin sulit dipercaya sesuatu yang sederhana seperti memusatkan perhatian pada pernapasan selama beberapa menit selama sehari dapat memberikan perubahan fisik yang besar dan bermanfaat.
Sementara ahli yoga telah mengakuinya selama ribuan tahun dan beberapa dokter telah menjelaskannya pada awal abad sembilan belas, adalah Herbert Benson, M.D., Ph.D., dari Harvard Medical School, yang menemukan respons relaksasi.




Para mahasiswa meminta Dr. Benson untuk memantau orang yang sedang bermeditasi (meditasi transsendental sedang populer pada saat itu) dan melakukan pengujian perubahan fisiologis. Dr. Benson pada awalnya enggan tetapi akhirnya mau melakukannya. Ia menemukan bahwa meditator mengalami perubahan fisiologi segera dan menguntungkan. Saat penelitiannya dikembangkan, ia menemukan lebih banyak lagi: bahwa orang yang membangkitkan respons relaksasi selama 30 hari atau lebih mulai mengalami penurunan kecemasan dan depresi dan mengalamai peningkatan kepercayaan diri atas kemampuan mereka menghadap badai kehidupan yang menerpa mereka.

Untuk membangkitkan respons relaksasi, Dr. Benson menemukan, kita harus memusatkan pada hal berikut:
Pusatkan pada repitisi seperti pernapasan anda dan atau sebuah kata sambil perlahan-lahan menghalangi dunia lainnya.
saat pikiran lain masuk, kenali, biarkan pergi, dan kembalilah memusatkan perhatian pada repetisi.
Dr. Benson merasa bahwa sesi 30 menit setiap hari telah optimum. Tetapi sesi lebih singkat 3 sampai 5 menit mungkin lebih baik, menurut Larry J. Feldman, Ph.D., direktur Pain and Stress Rehabilitation Center di Newark, Delaware, dan penulis Feeling Good Again: The Most Powerful Medicin is What You Can Do for Yourself, terutama jika anda melakukan beberapa sesi singkat sepanjang hari. Dan, tambahnya , lebih mudah bagi orang untuk melakukan sesi 3 menit.

Dr. Benson menemukan bahwa anda bahkan dapat berlatih respons relaksasi saat berolahraga. Kuncinya adalah memusatkan perhatian pada irama latihan anda, pernapasan ritmik anda, atau sebuah kata yang menenangkan yang anda pilih dan dengan lembut membuang pikiran yang menggannggu saat pikiran itu masuk.                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar