Kekuatan Jantung - Sumber Tenaga Untuk Jantung

 Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana jantung kita mendapat tenaga yang cukup untuk dapat melakukan tugasnya, yaitu tanpa henti memompakan darah ke seluruh tubuh?

     Jantung dilengkapi dengan generator buit in. Generator itu sesungguhnya adalah sekelompok sel yang dinamakan nodus sinoatrial yang letaknya di bagian atas atrium kanan. Inilah dapur pacu alami jantung. Seperti alat mekanis dengan nama yang sama, dapur pacu alami ini memberikan arus listrik yang membuat jantung berdenyut. ia berfungsi seperti busi, mengirimkan listrik yang membuat jantung berkontraksi, memompakan darah dan berelaksasi, semuanya terjadi dalam hitungan kira-kira satu detik.


Tetapi saat anda bertambah tua, impuls listrik yang menggerakkan jantung anda dapat tergangu. "Kerusakan pada otot jantung dapat menghambat jalur listrik", menurut Geoffrey Tofler, M.D., ahli kardiologi dan asisten guru besar kedokteran di Harvard Medical School dan direktur Institute for Prevention of Cardiovascular Disease di Deaconess Hospital di Boston. Hal tersebut dapat menyebabkan denyut jantung abnormal yang dinamakan aritmia. Jenis aritmia yang paling berbahaya, yang dinamakan fibrilasi ventrikular, menyebabkan jantung berdenyut sangat cepat dan tidak terkoordinasi - sangat kacau. Jika ini terjadi, darah tidak dapat mengalir dengan baik, dan anda akan mati.

Baca juga artikel lainnya tentang jantung:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar