Tips-Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Otot Agar Lebih Baik

Berikut ini adalah beberapa tips yang bagus dari seorang binaragawan legendaris asal Indonesia, Mr. Ade Rai, yaitu kiat-kiat agar dapat mningkatkan kualitas otot yang baik.

Menuliskan Sebuah Catatan Harian Untuk Latihan
Hanya dengan menggunakan sebuah diary, kita dapat menilai secara objektif dan akurat kemajuan yang telah kita capai, menganalisa permasalahan, dan merencanakan pemecahan terhadap masalah kita. Hal ini terutama membantu pemula dalam mencapai hasil latihan.
Usahakan untuk menulis setiap latihan - jenis latihan (exercise), jumlah set setiap latihan, repetisi dan beban latihan - serta fakta-fakta lain yang mnambah keyakinan diri sperti beban angkatan terbaik atau repetisi terbaik yang berhasil diselesaikan.



Tetaplah Memeriksa Berat Badan Kita
Periksalah berat badan kita paling tidak sekali seminggu pada timbangan yang sama dan pada saat yang sama, idealnya pada pagi hari sebelum makan dan pada hari yang sama (misalnya setiap hari minggu pagi sebelum makan). Untuk suatu program menambah massa (mass building program), hasil realistik yang diperoleh dalam menambah berat badan adalah satu sampai dua pon atau setengah kilo setiap minggunya. Lebih dari itu mungkin yang bertambah adalah massa lemak dan air. Dengan mencata berat badan kita secara konsisten, kita akan mendapat catatan akurat mengenai apakah kita teleh mencapai target atau belum.

Jangan Menambah Lemak Tubuh Terlalu Banyak
Bila ketebalan pinggang yang dapat kita cubit disekitar pinggang mengembang kurang lebih 5 cm, artinya kita sudah kelebihan lemak. Otot dapat tumbuh hanya dalam kecepatan biasa, tetapi lemak tubuh dapat meningkat secara cepat. Jagalah agar lemak tubuh kita minimal saat menambah massa otot hanya menambah kalori dari makanan sedikit di atas kebutuhan kita. Kelebihan lemak adalah kelebihan energi, manfaatkanlah kondisi tersebut untuk berlatih lebih keras dan mengangkat beban lebih berat.

Mengetahui Kebiasaan Kita Sehari-hari Sebelum Masuk Gym
Selalu rencanakan latihan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga kita siap secara mental untuk berlatih. Mengetahui grup otot atau sejumlah otot yang kita targetkan, juga jenis latihan, set, repetisi yang akan kita gunakan, akan membantu kita berada dalam jalur yang cepat proses pertumbuhan otot.

Selamat Berlatih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar