Berenergi - Tips Untuk Mendapatkan Gaya Hidup Berenergi Tinggi Setiap Hari

Didapatkan dari para ahli, berikut ini Enam Cara yang anda dapat anda lakukan untuk mendapatkan gaya hidup yang berenergi tinggi.

Bangkit dari tempat tidur. Latihan sangat penting bagi vitalitas. Gaya hidup sedentarik (kurang aktif) menurunkan tingkat energi anda. Jantung dan paru-paru anda menjadi kurang efisien, sehingga lebih sedikit oksigen yang mencapai jaringan dan sel. Metabolisme turun, tubuh membakar lebih sedikit kalori, berat badan naik dengan dengan cepat dan anda merasa lamban serta tidak termotivasi.

Berolah raga memecahakan lingkaran setan ini. Olah raga meningkatkan pasokan oksigen ke otot, sel dan jaringan,  meningkatkan metabolisme dan memompakan darah yang kaya oksigen ke pembuluh darah anda sehingga memberi bahan bakar otak dan tubuh anda.




Akan tetapi jangan berlebihan melakukannya, terlaku banyak berolah raga dapat sama buruknya dengan terlalu sedikit, menurut Dr. Doulillard. "sebagian dari kita dapat berjalan kaki di sekitar rumah dan itu telah cukup. Jika anda memiliki metabolisme yang cepat, anda tidak membutuhkan banyak aktifitas fisik untuk membuat tubuh anda berfungsi dengan baik. Tetapi pria yang lebih "tenang" membutuhkan latihan yang lebih berat. Kita semuanya berbeda, sehingga sesuaikanlah dengan diri anda dan ketahuilah apa yang anda butuhkan, itulah yang penting"

Makanlah sarapan beroktan tinggi (emangnya bensin hehe). Jika anda ingin cara pasti merasa lesu di pagi hari, mulailah hari anda dengan secangkir besar kopi manis, disertai satu donat atau bolu gulung yang manis yang berisi jelly manis, menurut Dr. Douillard. Anda akan merasa hebat (bertenanga) -- sampai gula darah anda turun, terjembab.



Sarapan pagi sereal gandum lengkap dengan susu skim dan buah akan membuat anda tetap bugar sepanjang pagi. Protein di dalam susu akan memvitalisasikan otak anda, dan karbohidrat kompleks dalam sereal dan buah akan memberikan anda energi yang cukup stabil sampai makan siang.

Lakukan kegiatan terbanyak/terberat dalam waktu prima anda. Apakah anda merasa paling bugar di pagi hari? atau siang hari? Energi secara alami mengalami pasang surut. Dr. Doberne menyarankan agar menjadwalkan tugas terberat anda di jam-jam tersebut saat anda berada dalam kondisi puncak. Perhatikan siklus energi anda, tidak semua orang memiliki jam tubuh yang sama persis.



Tidur yang cukup. Sudah jelas? Mungkin--tetapi apakah anda melakukannya? satu-satunya cara bagi sebagian besar dari kita untuk mendapatkan lebih banyak tidur adalah naik ke tempat tidur lebih awal, tetapi selalu ada yang harus dilakukan, dan masih banyak saluran TV yang bagus untuk di tonton...



Jika anda serius untuk meningkatkan energi anda, tidak ada awalan yang lebih baik selain tidur malam yang baik. "untuk mendapatkan energi yang tinggi, anda membutuhkan pembaruan, menurut Dr. Bloomfield, "semua kehidupan adalah siklus istirahat dan aktivitas, dan semakin dalam anda beristirahat, semakin dinamik energi anda." ini adalah lima saran dari Dr. Bloomfield untuk membantu anda untuk Zzzzz... yang cukup:
  1. Lakukan olahraga yang teratur, sedang sedang saja sudah cukup
  2. Naiklah ke tempat tidur pada waktu yang kira-kira sama setiap malamnya.
  3. makan kudapan kaya karbohidrat menjelang tidur.
  4. Hindari minum kopi, teh dan minuman berkafein lainnya setelah jam 18:00 atau jam 19:00
  5. Katakan tidak pada alkohol setelah makan malam. Alkohol mengganggu tidur yang nyenyak.
Lakukan apa yang anda sukai. Salah satu kunci untuk mendapatkan kinerja energi tinggi adalah motivasi. Jika anda menikmati apa yang anda lakukan, pasti anda akan memiliki energi. Pastikan untuk meluangkan waktu melakukan aktivitas yang benar-benar anda sukai setiap harinya. Jika pekerjaan anda tidak cocok dengan definisi ini, maka luangkan waktu untuk mendengarkan musik, membaca, bermain basket atau melakukan apa saja yang menaikkan "Joy" meter pribadi anda.

Ambil Istirahat. Berpuluh puluh penelitian menunjukkan bahwa kita merasa lebih baik, dan kinerja kita menjadi lebih baik, jika kita mengambil istirahat berkala dari pekerjaan. Sebagian besar dari kita bekerja dalam siklus konsentrasi 90 menit. Jika anda menemukan diri anda membaca kalimat yang sama tiga kali atau sedang melantur, ambil istirahat 5 atau 10 menit untuk mengembalikan energi. Bangkitlah untuk menghirup udara segar, berdiri atau melakukan peregangan (stretching), minum segelas air, atau sekedar melihat ke luar jendela selama beberapa menit.

Jika anda merasa bagaikan sedang mencoba melaju dengan rem diinjak, anda mungkin membutuhkan lebih dari lima menit untuk memperbaruinya (refreshing), Pertimbangkanlah untuk mengambil liburan. Baiklah, sekurangnya satu hari jauh dari pekerjaan atau rutinitas harian. Pergilah ke pantai, gunung atau museum, manjakan diri anda dengan membaca buku atau majalah favorit yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.



Selamat beraktifitas...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar