Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Fisik Ke Arah Yang Lebih Baik

Bagaimana sih caranya agar bisa membentuk tubuh menjadi lebih berotot atau besar?
Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhinya, menurut seorang binaragawan legendaris asal Indonesia, yaitu Ade Rai:

Faktor Latihan. Latihan adalah stimulus yang merangsang pertumbuhan otot. Otot adalah senjata utama kita baik dalam mengurangi lemak tubuh atau membentuk tubuh agar lebih baik. Latihan ini juga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:





  • Teknik/Skill dalam melakukan latihan pembagian tubuh (gerakan latihan yang berbeda mempengaruhi otot/kelompok otot yang berbeda juga).
  • Prinsip dasar latihan ada bermacam-macam, yaitu: prinsip overload dan prinsip "constant changing." 
  • Teknik Rutinitas latihan, yaitu mampu mengatur rutinitas untuk berlatih dan disiplin dalam menjalaninya.


Faktor Nutrisi yang Optimal, Diet yang baik mensuplai nutrien yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan memulihkan otot setelah latihan. Diterapkan dalam diet sehari-hari dengan komposisi yang disesuaikan, berupa:

  • Makronutrien yang tepat, yaitu Karbohidrat, Lemak, Protein dan Air. 
  • Mikronutrien yang telap, yaitu Multivitamin dan multimineral
Faktor Pemulihan. Otot bertumbuh saat istirahat, bukan saat latihan. Pada dasarnya latihan merusak otot dengan tujuan agar otot yang dilatih beradaptasi terhadap beban. Pemulihan ini ada berbagai macam, yaitu:
  • Pemulihan yang berhubungan dengan latihan: Istirahat antar set dalam satu sesi latihan; antara satu sesi latihan dengan sesi latihan lain.
  • Pemulihan yang difalisitasi guna relaksasi dan pemulihan psikis; dapat dilakukan dengan sauna atau massage.
  • Pemulihan yang tidak berhubungan dengan latihan: tidur yang cukup pada malam hari dan hari istirahat dari latihan.
Suplemen Khusus. Karena latihan beban mempunyai banyak sekali tujuan, seperti menambah berat badan, mengurangi berat badan (lemaknya), memperbaiki bentuk tubuh, menambah kekuatan otot untuk menunjang aktifitas atau olahraga lain, maka suplementasipun disesuaikan dengan tujuan tersebut.

Faktor Psikologis Dalam Berlatih. Kejenuhan dan rasa malas adalah musuh utama seseorang yang ingin mencapai tujuan. Salah satu caranya adalah dengan memberi janji pada diri sendiri agar mau bersabar hanya selama 12 minggu melengkapi program latihan sebelum memutuskan apakah ingin terus mengikuti program latihan  atau tidak. Kita dapat mncari training partner atau personal trainer untuk membantu kita tetap termotivasi. Biasanya dengan berlatih rutin selama 3 bulan, kita sudah dapat melihat kemajuan dalam tubuh kita, dan kemajuan (improvement) adalah sesuatu yang membuat kita bertahan dan tidak pernah berhenti berolahraga.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar