Apa Sih Manfaat Dari Berolahraga Itu?

Berolahraga dilakukan dengan aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Olahraga menyebabkan tubuh dipenuhi dengan hormon yang mengurangi ketegangan dan perasaan stres atau lelah. Perubahan dapat berlangsung segera setelah latihan selesai.

Resiko orang yang aktif bergerak untuk terserang penyakit jantung koroner hanyalah separuh dari orang yang tidak aktif bergerak. Olahraga teratur memperbaiki faktor resiko umum untuk penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, obesitas dan tingkat kadar kolesterol tinggi.





Mempertahankan gaya hidup aktif baik bagi tulang, sendi dan otot serta dapat membantu menghambat osteoporosis dan artritis. Gaya hidup aktif dapat memperbaiki dan menjaga kekuatan dan kelenturan otot, membantu mencegah cidera, dan mengurangi resiko jatuh, sehingga anda bisa menikmati hidup sepenuhnya meskipun bertambah tua.
 
     Gaya hidup aktif juga membantu mengontrol kelainan seperti diabetes dan bisa mengurangi resiko beberapa jenis kanker - khususnya kanker usus.

     Penelitian terakhir terhadap penduduk Okinawa (penduduk yang bermukim di kepulauan antara Jepang dan Taiwan) yang berumur panjang menunjukkan bahwa kesehatan fisik bisa didapatkan dari aktivitas sehari-hari seperti membuat keramik, berkebun, membersihkan rumah dan berjalan untuk naik bis, bersepeda, berenang atau bekerja di luar rumah, maupun bermain sepak bola, golf atau bola basket. Ini tidak berarti harus berlatih intensif di pusat kebugaran atau gym, melainkan tetap aktif selama 30 menit sekurangnya lima hari dalam semingggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar