Ketika Dokter Mengharuskan Tes Lab

Kita bisa melakukan tes terhadap diri sendiri, nanti akan kita bahas pada bagian tersendiri bagaimana melakukan pemeriksaan mandiri, namun bagaimana jika keadaannya anda sedang sakit, saat anda mengalami gejala atau saat tes screening ternyata mengungkapkan adanya gangguan yang tersembunyi, maka dokter mungkin akan meminta anda melakukan banyak tes dalam sistem perawatan kesehatan yang canggih pada masa ini.




Melakukan banyak tes itu mahal. Tidak semuanya tidak nyeri dan bebas resiko. Mainkan peran aktif dalam memutuskan tes mana, jika dan, yang perlu anda lakukan, menurut Michael Grossman, M.D., seorang dokter keluarga di El Toro California, yang mengkhususkan diri dalam kedokteran preventif, berikut ini beberapa pertanyaan yang perlu anda ajukan:

Apakah saya benar-benar membutuhkan tes ini? Pastikan anda mendapatkan jawaban yang memuaskan sebelum melangkah lebih lanjut. Tanyakan bagaimana tes yang disarankan dapat mengubah situasi anda. Jika diagnosis atau terapi akan dipengaruhi oleh tes itu, anda mungkin perlu untuk melakukannya.

Bagaimana Persiapan menghadapi tes? Apakah anda perlu puasa atau menghindari makanan tertentu? obat tertentu dapat mengganggu tes dan mungkin perlu dihentikan sementara. Apakah anda perlu orang lain yang mengantar pergi dan pulang?

Bagaimana prosedur dilakukan? Mengetahui dengan tepat apa yang akan dilakukan dan berapa lama waktu yang diperlukan dapat menenangkan pikiran anda dan membantu anda bekerja sama dengan orang yang akan melakukan tes.

Apa yang akan anda rasakan? anda memiliki hak untuk mengetahui apakah tes akan sakit atau tidak nyaman atau tidak menyenangkan. Sebagian besar dari kita lebih baik mengetahui bahwa tes akan menyakitkan dan kemudian mempersiapkan diri untuknya ketimbang mengalami kecemasan karena tidak tahu apa yang akan terjadi.

Apa risikonya? Saat tubuh ditusuk jarum atau selang, resiko infeksi selalu ada, serta kemungkinan perdarahan atau kerusakan lain pada struktur internal anda. Mungkin terdapat pemaparan radioaktif atau reaksi lain terhadap obat. Pastikan anda mengetahui seluruh kisahnya dan pertimbangkan resiko itu terhadap apa yang dapat anda peroleh yang dapat membantu anda.

Apa arti hasil tes? Pastikan anda memahami dengan tepat apa yang dapat dikatakan oleh tes tentang kesehatan anda. Anda perlu tahu angka-angka dan parameter dan bagaimana menginterpretasikannya. Anda perlu memahami hasil tersebut sehingga anda dapat terlibat dalam pengambilan keputusan tentang terapi yang akan anda terima berdasarkan hasil tes tersebut.

Berapa biayanya? Anda perlu mengetahui hal ini jika anda membayar sendiri. Anda juga perlu Mempertimbangkan hal ini saat mengambil keputusan.

Pada akhirnya, anda perlu membaca prosedur di dalam buku referensi kedokteran. Banyak buku non teknis sekarang telah tersedia yang menjelaskan tes medis secara terperinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar