Melatih Otot Bisep (Bagian 1)

Banyak variasi latihan untuk melatih otot bisep, berikut ini adalah beberapa latihan umum yang dapat dilakukan untuk melatih otot bisep:

Barbel Curl
     Latihan dengan gerakan barber curl merupakan inti dari semua latihan bisep. Mulailah dengan posisi berdiri dan genggamlah barbel dengan telapak tangan menghadap ke depan. Posisi tangan harus selebar bahu, lengan harus lurus ke bawah, dan barbel pas setinggi paha dan jangan mengunci lutut anda.

     Dengan mempertahankan siku menempel pada tubuh, gunakan bisep untuk mengankat barbel ke arah dagu. Pastikan agar pergelangan tangan anda tetap lurus selama gerakan itu, dan jangan mengayun tubuh ke depan atau ke belakang untuk mendapatkan momentum. Cara itu hanya curang, dan dapat menyebabkan ketegangan pada otot lainnya. Kemudian turunkan barbel ke posisi awal.



Concentration Curl
     Inilah variasi latihan bisep lainnya. Latihan ini lebih keras dibandingkan latihan lainnya, karna mengisolasi otot dan tidak memungkinkan anda untuk "curang". Mulailah dengan mengangkang di ujung bangku sambil memegang dumbell di satu tangan. Kaki harus lebih lebar dari bahu, dengan lutut membengkok.

      Membungkuklah ke depan dan luruskan lengan di antara tungkai sehingga siku dan lengan atas menopang di atas paha. Dumbell dipegang dengan telapak tangan menghadap ke atas, dan tubuh harus condong sedikit ke sisi itu. Letakkan tangan satunya di atas lutut.


     Tarik dumbell ke arah bahu, dengan menyandarkan siku pada paha. Tahan, kemudian turunkan perlahan-lahan ke posisi awal. Selesaikan repetisi dan gantian tangannya.

Alternating Hammer Curl
     Karena posisi pergelangan tangan, latihan ini lebih melatih otot brakialis. Mulailah dengan duduk di ujung bangku dengan kaki sedikit terpisah dan lengan ada di samping tubuh. Anda harus memegang dumbell di kedua tangan, dengan telapak tangan menghadap tubuh. Bahu harus datar, dan tubuh harus tegak.
   

     Sekarang naikkan satu dumbell ke arah bisep. Jangan mengayun untuk mendapatkan momentum; itu bukanlah teknik yang baik, dan anda dapat menciderai diri sendiri. Pergelangan tangan harus terkunci, dan telapak tangan harus menghadap ke dalam. Turunkan ke posisi awal, kemudian ulangi dengan tangan sebelahnya.

Mengenal otot bisep lebih dekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar