Metode Diet - Food Combining

Metode diet satu ini merupakan metode yang tidak membatasi jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kunci dari metode diet satu ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang alami. Misalnya saja sayur-sayuran dan berbagai jenis buah segar yang langsung tanpa melewati proses pencernaan yang rumit.





Food combining mengacu pada pola makan seimbang demi mendapatkan hasil terbaik untuk tujuan kesehatan dan tujuan lain yang ingin dicapai. Food combining tidak mencampurkan konsumsi karbohidrat dan protein dari unsur hewani dengan jumlah yang sama banyak karena akan memperberat kinerja sistem pencernaan.
Prinsip food combining tetap mengikuti standar pola makan 4 sehat. Hanya saja, food combining mempertimbangkan juga efektivitas penyerapan zat gizi dan zat fitokimiawi nirgizi dalam makanan. Karena itu, asupan makanan diatur mengikuti siklus alami tubuh.

Sejarah Food Combining

Food combining sejatinya sudah diterapkan sejak 2000 tahun yang lalu oleh orang-orang Esseni di Palestina. Namun, pola makan sehat ini mulai mendunia sejak dipopulerkan oleh dr. William Howard Hay – seorang ahli bedah ternama di AS pada tahun 1920, sehingga metode ini juga dikenal sebagai Hay System Diet.
dr Hay merupakan pengidap penyakit kronis seperti pembengkakan jantung, ginjal dan tekanan darah tinggi. Ketika berkenalan dengan pola makan ini, ia pun berusaha mengembangkannya dan berhasil membuktikan pada dirinya sendiri bahwa dengan 3 bulan pasca menjalani food combining, tubuhnya berangsur-angsur sehat.
Bahkan ¼ dari berat tubuhnya yang hampir mencapai 100 kg, juga lenyap bersama penyakit-penyakitnya. Hal ini menunjukan bahwa pola makan yang benar berdampak pada vitalitas dan tingkat kesehatan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar